Daerah Dituntut Fokus Melakukan Pembangunan

Pangkalan Baru – Pemerintah daerah dituntut fokus melakukan program pembangunan. Selain itu, pemerintah juga diharapkan dapat menjalankan program-program yang dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan masyarakat adil, makmur dan sejahtera.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, seluruh elemen di wilayah sumatera harus mempersiapkan diri dalam pembangunan infrastruktur. Pasalnya pembangunan infrastruktur tidak hanya difokuskan di ibu kota,  melainkan sudah merata hingga ke daerah.

“Terfokusnya pembangunan infrastruktur di daerah, pasti akan diiringi terwujudnya kehidupan ekonomi masyarakat sejahtera, adil dan makmur ,“ ungkap Gubernur saat membuka secara resmi acara Rapat Teknis Forum Kerja Sama Gubernur se- Sumatera tahap ke III, di Hotel Aston Soll Marina, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (27/11/2014).

Yan Megawandi Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, rapat ini merupakan kelanjutan dari rapat teknis kedua yang diselenggarakan di Hotel Aston Belitung pada tanggal 2 hingga 4 September 2014. Sedangkan rapat pertama dilaksanakan di Hotel Tanjung Pesona Bangka pada tanggal 23 hingga 25 Maret 2014 lalu.

Tujuan kegiatan ini, jelasnya, sebagai forum evaluasi hasil kerja sama yang telah terjalin dalam upaya meningkatkan pembangunan di daerah masing-masing. Adapun sasaran kegiatan, agar terbina kerja sama pembangunan antar pemerintah daerah se-Sumatera, sehingga berdampak pada peningkatan pelayanan.

“Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang penyerahan penanggung jawab kesekretariatan pelaksanaan Rapat Teknis Forum Kerjasama Gubernur se-Sumatera tahun 2015,” paparnya.

Saat rapat teknis kedua di Kabupaten Belitung menghasilkan empat kesepakatan yang menjadi perhatian khusus masing-masing daerah. Ia menambahkan, kesepakatan tersebut di bidang penyertaan modal, ketahanan pangan, pemberantasan perdagangan manusia (trafficking), dan mengatasi persoalan kebakaran hutan.

Dijadwalkan kegiatan rapat teknis ini selama tiga hari, terhitung tanggal 26 hingga 28 November 2014. Peserta rapat di antaranya, seluruh kepala badan perencanaan pembangunan daerah dari provinsi  Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung.

Sebanyak sepuluh provinsi diundang untuk mengikuti kegiatan ini, namun Provinsi Lampung tidak hadir. “Ketidakhadiran Provinsi Lampung dikarenakan ada kunjungan Presiden RI ke  provinsi tersebut,” ujarnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari