Dedikasi Kaum Ibu Untuk Negeri Menjadi Pesan Peringatan Hari Ibu

SEKUNTUM MELATI LAMBANG KASIH NAN SUCI
IBU INDONESIA PEMBINA TUNAS BANGSA
BERKORBAN, SADAR CITA TERCAPAI DENGAN GIAT BEKERJA
MERDEKA LAKSANAKAN BHAKTI PADA IBU PERTIWI
WANITA INDONESIA SEBAGAI IBU BANGSA
INSAN PEMBANGUNAN MITRA SEJAJAR PRIA
MERDEKA MELAKSANAKAN DHARMA TUK MENCAPAI CITA-CITA
INDONESIA NAN JAYA ADIL MAKMUR MERATA

Pangkalpinang - Kaum Ibu memiliki dedikasi yang penting untuk negeri. Demikian makna yang terkandung dalam sepenggal bait Mars Ibu yang dinyanyikan oleh para istri ASN yang tergabung dalam wadah organisasi Dharma Wanita Persatuan dan PKK Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka dan jajaran ASN Dinas DP3ACSKB serta terkandung dalam  pembacaan sejarah penetapan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember oleh Ibu Hj. Melati Erzaldi Rosman dalam memperingati hari Ibu Selasa (22/12/2017) di ruang pertemuan pasir padi kantor gubernur.

Hadir dalam acara tersebut, Wagub kep. bangka Belitung Abdul Fatah, Wakapolda Kep. bangka belitung Tantan Sulistyana, Sekda Provinsi Kep Bangka Belitung Yan Megawandi, ketua DWP Provinsi Kep. bangka belitung Ibu Hj. Kartini Yan Megawandi, Kapala Dinas DP3ACSKB Dra. Susanti dan perwakilan Forkompinda Kep. Bangka Belitung.

Implementasi atas dedikasi kaum ibu bagi negeri juga disampaikan oleh Kepala dinas DP3ACSKB, Dra Susanti. Memberikan perlindungan bagi anak khususnya dalam mencegah persoalan anak yang berkaitan dengan narkoba, pergaulan bebas dan membentuk generasi berencana guna menanggulangi masalah pernikahan anak di bawah umur, diungkapkan Dra. Susanti merupakan bentuk dedikasi kaum ibu dalam keluarga khususnya membentuk karakter generasi penerus.

“ Peran kaum ibu sangat besar, khususnya peran ibu dalam membentuk Genre, membentuk generasi berencana guna melindungi anak dari masalah pernikahan anak di bawah umur , mendidikan anak untuk berani mengatakan tidak pada narkoba dan pergaulan bebas”, ungkap Susanti.

Hal senada juga disampaikan oleh Wagub, Abdul Fatah dimana kaum Ibu selain memiliki dedikasi dan kiprah dalam membentuk karakter generasi penerus, juga memiliki peran penting dalam membangun prestasi generasi penerus. “ bagaimana generasi penerus bisa memiliki kompetensi dan sekaligus prestasi, bagaimana generasi penerus dapat menjalankan kehidupan sehari –hari dan dalam kehidupan bermasyarakat, ini salah satunya adalah peran Kaum ibu”, ungkap Wagub.

Lebih lanjut, wagub juga menjelaskan bahwa untuk mendukung prestasi anak di bangka belitung, saat ini pemerintah provinsi memiliki program beasiswa. Dengan adanya program bantuan belajar tersebut, wagub mengajak kerja sama dari kaum ibu untuk mendukung prestasi anak melalui pendidikan.   Selain pentingnya dedikasi kaum perempuan dalam membentuk karakter generasi penerus, wagub menuturkan bahwa  pemberdayaan kaum perempuan khususnya dalam sektor ekonomi tidak kalah penting.  Wagub menjelaskan  melalui gerakan ekonomi kerakyatan  yang digalakan oleh pemerintah dapat memberikan peluang dan ruang  untuk mendukung kiprah kaum perempuan khususnya ibu-ibu pada sektor ekonomi guna mewujudkan kesejahteraan dan meminimalisir masalah kekerasan pada kaum perempuan yang disebabkan oleh faktor ekonomi.

“ Dalam mewujudkan perempuan mandiri dan bebas dari kekerasan, bagaimana dengan membangun ekonomi rakyat melalui UMKM khususnya di sektor industry rumah tangga, dimana pelaku usaha salah satunya banyak digeluti oleh kaum perempuan, tentunya ini merupakan peluang dan ruang yang bisa diakses oleh kaum wanita dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
stevani
Fotografer: 
Lulus (Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah)