Dekranasda Babel Akan Jalin Kerjasama Dengan Podomoro University

JAKARTA - Untuk mewujudkan Visi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel, yaitu “Terwujudnya Dekranasda Sebagai Wadah Pelestarian dan Pengembangan Produk Kerajinan Yang Berkualitas dan Berdaya Saing Sebagai Icon Bangka Belitung”, Hj. Melati Erzaldi sebagai Ketua Dekranasda Babel akan menjalin kerjasama dengan Yayasan Agung Podomoro khususnya Podomoro University.

Sebagai langkah awal, Ibu Melati Erzaldi berkunjung ke Podomoro University bersama pengurus Dekranasda Babel, Senin (09/10/2017). Dalam kunjungan ini, disampaikan rencana kerja Dekranasda Babel dalam mengembangkan indutri kerajinan dan dengan dukungannya seperti Sumber Daya Manusia, proses produksi dan pemasaran produk tersebut.

Ibu Melati berharap ada transfer ilmu kepada pelaku ekonomi kreatif dari aktivitas Podomoro University. “Bagaimana mengembangkan produk dari UKM dan mengembangkan potensi-potensi Babel menjadi produk yang bisa diterima masyarakat luas," ungkap Ibu Melati.

“Cual sebagai warisan budaya adalah salah satu produk unggulan yang harus bisa dibranding," ungkap Ibu Melati. Menurutnya, cual selain memiliki motif yang cantik yang dianggap hampir punah. Dan hal ini menjadi tugas besar bagi  Babel karena menjadi salah satu dari 6 (enam) provinsi yang mendapat perhatian khusus dari Ibu Mufidah Yusuf Kalla.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Ketua Dekranasda Babel tersebut disambut baik oleh Rektor Podomoro University, Cosmas Batubara yang hadir dalam kunjungan ini. Menurut Cosmas Batubara, pariwisata adalah bidang utama yang harus dikembangkan untuk meluaskan pasar terhadap produk Babel. Bahkan menurutnya, birokrasi harus berfikir bisnis untuk memajukan perekonomian daerahnya. “Beberapa Program Studi di Podomoro University dapat membantu mewujudkan harapan dari Dekranasda Babel,” ungkap Cosmas Batubara.

Pihak Podomoro University dalam waktu dekat akan berkunjung ke Babel untuk melakukan pemetaan pada awal November mendatang sebelum diadakan studi pengembangannya.

Untuk jangka panjang, pihak Podomoro University menawarkan agar Babel memberikan Program Beasiswa terikat bagi pelajar berprestasi yang nantinya setelah lulus kuliah bisa berkontribusi untuk Pemerintah Daerahnya. Selain itu akan diselenggarakan bimbingan teknis untuk pelaku-pelaku industri kreatif serta bagi masyarakat juga. Untuk membangun image Babel sendiri, Podomoro University menawarkan Pameran Budaya dan Kerajinan agar masyarakat tahu hasil produk dari Bangka Belitung yang bersinergi dengan Agung Podomoro Grup.

Terkait dengan rencana kerjasama di bidang pendidikan dan pengembangan pariwisata yang ditawarkan oleh pihak Podomoro University, Ibu Melati mengatakan bahwa akan disampaikan kepada Gubernur Bangka Belitung untuk bisa ditindaklanjuti.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp