Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke-73 Berlangsung Khidmat Dan Lancar

Pangkalpinang - Detik - detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berlangsung khidmat, lancar dan tertib. Dengan mengusung tema Kerja Kita Prestasi Bangsa, pelaksanaan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih tersebut berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada hari Jum'at (17/08/2018).

Pada upacara tersebut, selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Bangka Belitung Brigadir Jenderal (Pol) Syaiful Zachri. Upacara yang dimulai sejak pukul 09.00 hingga selesai ditandai dengan dibunyikannya sirine untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Nampak terlihat di panggung kehormatan adalah Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Didit Srigusjaya, Komandan Korem 045/Garuda Jaya Kolonel (Inf) Dadang Arif Abdurahman, Komandan Angkatan Laut Bangka Belitung Letkol Laut (P) Mohammad Taufik, dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Toni Purnama.

Hadir pula Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Aditia Warman, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi, unsur pimpinan instansi vertikal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Ketua I PKK dan Ketua Dharma Wanita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Juga hadir mantan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Syamsudin Basari dan mantan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suhaimi M. Amin.

Setelah sirine selesai dibunyikan, selanjutnya pembacaan do'a oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kemudian dilakukan pengibaran bendera oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Anggota Paskibraka yang berasal dari SMA/sederajat dari tujuh kabupaten/kota dengan gagah dan berwibawa menuju panggung upacara untuk menerima bendera merah putih, dan Nisa Sabrina dari SMA Negeri 1 Sungailiat Kabupaten Bangka sebagai pembawa baki bendera menerima langsung bendera merah putih dari Inspektur Upacara. Dan pasukan yang mengibarkan bendera merah putih adalah Deki dari SMA Negeri 1 Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur, Garin Anugrah dari SMA Negeri 2 Pangkalpinang, dan Muhammad Kholil Ardana yang berasal dari SMA Negeri 1 Payung Kabupaten Bangka Selatan.

Selesai upacara, dllanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan oleh siswa SMA/sederajat yang tergabung dalam Sirinade Aubade Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan yang mereka bawakan sebanyak dua belas lagu.

Seusai upacara, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah mengharapkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. "Negara harus memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal serta memberdayakan masyarakat. Oleh karena itu saya mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk terus memberikan sumbagsih tenaga dan pemikiran kepada bangsa Indonesia," harap Wakil Gubernur.

Hadir dalam upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah para pejabat esselon II dan III di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, para veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda. Kemudian para prajurit TNI dan Polri, para ASN, pelajar dan mahasiswa. Dan tidak ketinggalan para orang tua dari anggota Paskibraka yang hadir untuk menyaksikan detik-detik pengibaran sang merah putih.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian