Dinas Koperasi dan UKM Gelar Magang Kewirausahaan

PANGKALPINANG -- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan program magang bagi calon pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja pelaku usaha sehingga mampu bersaing dan menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan progam magang ini juga diharapkan pelaku usaha mampu berinovasi dan berkreativitas dalam menghasilkan produk.

Selain pelaku usaha, magang ini juga diikuti para calon pelaku usaha sehingga diharapkan setelah mengikuti magang mereka mampu berusaha sendiri sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

"Sebagai tindak lanjut dari program gerakan kewirausahaan nasional ini, kami mengadakan program magang bagi pelaku usaha yang telah lulus seleksi," ujar Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jon Tuahdi Saragih, di Balatkop UMKM di Pangkalpinang, Selasa (23/10/18).

Program magang ini diikuti 50 orang peserta dandilaksanakan selama 25 hari kerja sejak tanggal 23 Oktober 2018. Ia mengatakan melalui kegiatan ini peserta akan mendapat pengalaman langsung sebagai wirausahawan. Dimana nantinya para peserta kegiatan ini akan ditempatkan di sejumlah UKM untuk magang.

"Peserta akan diberikan pemahaman dan pengalaman praktik-praktik wirausaha pada dunia usaha, khususnya UKM," katanya.

Jon T Saragih menegaskan bahwa pemerintah terus mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru untuk mengurangi jumlah penganguran. Dengan munculnya wirausaha baru maka usahanya tersebut mampu menyerap tenaga kerja.

"Jika peserta atau calon usahawan ini sudah buka usaha, itu berarti kalian bisa membuka lapangan kerja dengan menyerap tenaga kerja minimal dua orang tiap usaha," tegasnya.

Program magang ini diharapkan menjadi cikal bakal tumbuhnya wirausaha muda yang memiliki kompetensi baik. Selain itu peserta diharapkan dapat menjadi pelaku usaha yang mandiri.

"Sebanyak 50 orangpeserta ini  ini bisa menjadi duta wirausaha dan sukses. Semoga kalian bisa jadi pelaku usaha yang jujur dan kreatif, memiliki etos kerja, disiplin, serta memiliki kompetensi baik," pungkasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Anto
Fotografer: 
Anto
Editor: 
Mamaq