Dinas KUKM Babel Dorong Kelompok Strategis Buat Koperasi

SELAT NASIK- - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan sosialiasi kepada kelompok strategis. Sosialisasi ini untuk menggerak anggota kelompok strategis untuk bisa segera membentuk koperasi. Karena koperasi memiliki peran yang besar dalam menggerakan perekonomian masyarakat.

"Kita undang mereka untuk membentuk koperasi karena koperasi memilik peran besar dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” kata Yuriswan Kasi Kelembagaan dan Perizinan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemprov Babel pada acara Sosialisasi Kepada Kelompok Strategis di Balai Pertemuan Kantor Kecamatan Selat Nasik, Selasa (20/3) malam.

Kegiatan sosialiasi ini diikuti 40 peserta perwakilan dari kelompok-kelompok yang ada di desa-desa di Kecematan Selat Nasik. Kelompok-kelompok strategis yang dimaksud Yulisman diantaranya kelompok nelayan, kelompok petani, Pokdarwis dan kelompok UMKM.

“Jumlah mereka cukup banyak. Mereka memiliki potensi ekonomi dan perputaran uang. Namun mereka belum mempunyai koperasi,” katanya.

Kelompok-kelompok strategis ini, menurut Yurisman selama ini hanya melakukan kegiatan rutinnya tanpa mengambil peluang atau potensi usaha yang dapat mereka tekuni atau kembangkan guna meningkatkan perekonomian anggota kelompoknya.

"Harapan kita, dengan mereka membentuk koperasi mereka akan mengembangkan suatu bidang usaha yang potensi untuk meningkatkan perekonomian anggotanya dan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Untuk mendorong kelompok-kelompok strategis itulah, diadakan sosialiasi untuk peningkatan kelembagaan dan perizinan. Disosialiasi ini, kelompok strategis ini diberikan pengetahuan tentang cara membentuk koperasi dan manfaat koperasi bagi anggotanya. Selain itu, kelompok ini juga mengetahui program pemerintah provinsi dalam pemberian subsidi biaya pendirian akta koperasi.

"Kelompok strategis ini paham tentang koperasi dan mengetahui program pemprov dalam emberian bantuan subsidi akta koperasi," ucapnya.

Lebih jauh Yurisman menjelaskan bahwa persyaratan untuk membentuk koperasi ini tidak susah. Langkah awal yang tentunya bisa di lakukan yaitu, mengumpulkan masyarakat yang nantinya akan menjadi anggota koperasi minimal 20 orang, memiliki modal usaha yang cukup untuk melakukan usaha koperasi, dan usaha koperasi layak secara ekonomi dan memberikan manfaat ekonomi nyata bagi anggota.

"Yang penting semua anggota memiliki tujuan dan kepentingan yang sama, yakni keserjateraan anggota. Karena koperasi itu berorientasi pada anggota," jelasnya.

Keberadaan koperasi, lanjut Yurisman berperan penting dalam mendukung dan membantu para anggotanya dalam meningkatkan kesejahteraannya. Misalnya, koperasi nelayan memiliki usaha di bidang perikanan dan kelautan. Koperasi ini dibentuk untuk membantu para anggota sehingga kesejahteraan dan kemajuan usaha anggotanya yang nelayan bisa meningkat.

"Koperasi memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membantu para anggotanya. Koperasi semakin maju, maka anggotanya juga akan semakin maju," tukasnya.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto (Pramas Dinas KUKM Babel)
Fotografer: 
Surianto (Pramas Dinas KUKM Babel)
Editor: 
Irwanto