Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Babel Selenggarakan Bimtek Pelatihan Dan Pengelolaan Aset Desa

Pangkalpinang - Sunardi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka secara resmi Bimbingan Teknis Pelatihan dan Pengelolaan Bendahara Aset Desa, dalam rangka meningkatkan pemahaman penyelenggaraan keuangan pemerintahan desa, bertempat di Hotel Puncak pada Senin (13/11/2017).

Pelatihan bendahara dan pengelolaan aset pemerintahan desa bagi bendahara bertujuan bagaimana tata cara pengelolaan keuangan desa guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan, serta dalam hal mengatur keuangan desa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurut Sunardi, Sistem Keuangan Desa akan sangat membantu dalam mengolah keuangan yang ada di desa, dan pada 2018 sistem keuangan desa sudah disusun lebih terperinci. "Bimbingan Teknis ini diberikan kepada para bendahara dan pengelola asset desa. Pada saat sekarang pengelolaan bendahara aset desa berbasis SIKEUDES dengan tujuan menciptakan birokrasi pemerintahan yang kuat, transparan, akuntabel dan efisien," jelas Sunardi.

Menurut Sunardi, para peserta kegiatan ini berasal dari kategori desa cepat berkembang dan desa berkembang. Sedangkan peserta bimbingan teknis tersebut diikuti 50 (lima puluh) orang peserta yang berasal dari Kabupaten Bangka 9 (sembilan) orang bendahara desa, Kabupaten Bangka Barat sebanyak 9 (sembilan) orang bendahara desa, Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 8 (delapan) orang, Kabuapten Bangka Selatan sebanyak 8 (delapan) orang, Kabupaten Belitung dan Belitung Timur masing-masing dikirim sebanyak 8 (delapan) orang.

Narasumber dalam bimtek tersebut berasal dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi DIY, Direktorat Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI, BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa. Acara bimtek tersebut berlangsung selama 3 (tiga) tiga hari terhitung tanggal 13 hingga 15 November 2017.
 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adit
Fotografer: 
adit