Dinas Pendidikan Babel Sosialisasikan Rintisan Aman Bencana

Pangkalpinang -Bencana alam banjir yang sering terjadi sekarang ini terjadi karena ulah kita manusia.

Hal tersebut dikemukan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Soleh saat membuka acara Sosialisasi Rintisan Aman Bencana tingkat Provinsi Bangka Belitung  2018, di Hotel Puncak, Kamis  (01/11).

Menurut Soleh, Allah SWT menciptakan alam ini penuh dengan kerahmatan, penuh dengan keberkahan, justru yang membuat rusak alam adalah karena perbuatan dan ulah manusia itu sendiri, bencana alam terjadi sekarang ini bukan untuk kita takuti tetapi untuk kita bisa berintrospeksi diri.

"Bencana di Bangka Belitung yang sering terjadi, seperti angin puting beliung dan Banjir, sekolah-sekolah yang sering terkena angin puting beliung untuk dapat melakukan pemilihan atap yang baik dan sesuai sehingga tidak mudah pecah yang dapat menimpa anak-anak murid yang  sedang berada di dalam kelas," katanya.

Banjir di Bangka Belitung ini sebenarnya dulu hanya daerah-daerah tertentu saja, tetapi sekarang ini hampir semua daerah terkena, seperti:  Pangkalpinang, Koba, Muntok dan Belitung.

"Bangka Belitung dikelilingi oleh bebatuan granit sehingga relatif kurang  terjadi bencana gempa bumi dan dari hasil penelitian Bangka Belitung layak untuk pembangkit listrik tenaga nuklir," papar Kadis.

Soleh mengungkakpakn bahwa jumlah penduduk terus bertambah. Apabila manusia tidak menjaga alam tidak dipungkiri bencana akan terus terjadi, maka kita semua diharapkan harus menjaga keseimbangan alam. "Alam yang sudah semakin tua, melanggar aturan-aturan hukum agama, melanggar norma-norma agama maka Allah SWT murka dan memberikan kita peringatan seperti yang terjadi di Lombok dan Palu," kata Soleh.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Firmansyah