Dinas PMD Babel Siapkan Program Inovasi Desa

PANGKALPINANG--Mendorong optimalisasi pembangunan desa, program pelaksanaan inovasi desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Babel diharapkan akan membuka bursa inovasi desa di kecamatan se-Babel. Bursa inovasi desa tersebut direncanakan akan dilaksanakan bulan Juli 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Muhamad Rezajayadi, Koordinator Program Provinsi Kegiatan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Desa dalam rapat persiapan penandatangan kontrak tenaga pendamping profesional Tahun 2018 di Ruang Rapat Kantor DPMD Babel pada Kamis (8/2).

Program ini lahir karena banyak desa dianggap belum memiliki kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kemampuan tata kelola desa. Adapun tujuan program ini untuk mendorong desa menjadi kreatif dan inovatif sehingga bisa mendorong ekonomi lokal melalui penguasaan teknologi dan berbagai pendekatan modern untuk mempercepat pembangunan desa mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Program inovasi desa sudah menyediakan 50 contoh inovasi yang bisa diadopsi oleh desa-desa yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan disesuaikan dengan potensi masing-masing desa.

Untuk itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Babel H. M Yuliswan mengatakan perlunya koordinasi dan komunikasi serta kerjasama para tenaga pendamping yang akan ditempatkan di lapangan dengan aparatur desa setempat dan tenaga ahli serta OPD yang menangani program pelaksanaan Inovasi desa dari Kementerian Desa.

Hal yang paling mendasar dari Pelaksanaan Inovasi Desa (PID) adalah pendampingan Pelaksanaan Inovasi Desa bakal membawa berbagai inovasi atau pembaruan dalam praktik pembangunan dan mendorong penguasaan pengetahuan pada warga desa untuk mendukung percepatan ekonomi.

Program inovasi desa harus dimasukkan ke RKPDes dan APBDes tahun 2019 sehingga dapat dilaksanakan oleh desa sesuai potensi desa. PID juga bakal menjawab kebutuhan desa yang berhubungan dengan praktik pembangunan desa yang inovatif sesuai perkembangan jaman .

 

 

 

 

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ratna Kusuma Dewi (Pranata Humas Dinas PMD Babel)
Fotografer: 
Ratna
Editor: 
Irwanto