Dinsos Babel Gelar Sosialisasi Penanganan Fakir Miskin

PANGKALPINANG-- Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan sosialisasi program penanganan fakir miskin perkotaan selama satu hari di Puri 56 Hotel dan Resto Pangkalpinang belum lama ini.

Sosialisasi mengangkat tema Komplementaritas Program Menuju Penanganan Kemiskinan yang Terarah di Provinsi Babel peserta terdiri dari utusan tujuh kabupaten/kota.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Fakir Miskin H. Rusli berharap dalam pertemuan ini lahir ide-ide baru yang dapat membantu pemerintah dalam penanganan fakir miskin perkotaan.

Sementara dalam paparannya Kasi Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Dyah Yuni Utari menjelaskan kemiskinan adalah dimana ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, kesehatan dimana tercetus akibat dari sulitnya akses, antara lain terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Dalam kesempatan yang sama juga disampaikan bahwa pengentasan kemiskinan di perkotaan mengalami beberapa kendala antara lain timbul tenggelamnya angka kemiskinan yang telah disurvei di daerah tertentu dan kadangkala tergantung pada musim tertentu. Sinkkronisasi antara pendamping PKH dan TKSK dalam menjalankan tugas dan fungsinya juga merupakan salah satu pokok bahasan sebagai ujung tombak dalam menentukan keberhasilan program pemerintah pusat dan daerah.

Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung secara simultan mencari solusi baru dan variatif dalam program penanganan masalah kemiskinan perkotaan dengan program di awal tahun 2018 antara lain bimtek calon penerima manfaat, verifikasi pendamping dan verifikasi data secara keseluruhan.kegiatan ini diharapkan terbentuk kesatuan langkah antara berbagai penanggungjawab program penangaan kemiskinan diprovinsi dan kabupaten/kota sehingga terwujud pengentasan kemiskinan yang komprehensif dimana masyarakat pun turut aktif berperan dalam meningkatkan taraf kehidupan mereka dan tidak hanya tergantung kepada berbagai program bantuan pemerintah saja.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Denny Kamajaya (Pranata Humas Dinas Sosial)
Fotografer: 
Denny Kamajaya (Pranata Humas Dinas Sosial)
Editor: 
Irwanto