Disbudpar Babel Adakan Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bangka Belitung Tahun 2017

PANGKALPINANG - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari Jum’at (20/10/2017) bertempat di Meeting Room Bangka City Hotel melaksanakan tahapan proses seleksi Pemilihan Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017.  Seleksi duta wisata hari tersebut diikuti oleh 28 peserta pemenang bujang dan dayang kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gunawan Marwanto selaku Kepala Seksi Kelembagaan DISBUDPAR  menjelaskan bahwa para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut akan mengikuti beberapa tahapan proses sebelum masuk dalam tahap pemilihan. Sebelum mengikuti proses seleksi, para peserta akan mendapatkan materi pembekalan materi dari panitia dan pihak juri.   Untuk tim juri yang akan melakukan proses seleksi para peserta duta wiisata merupakan perwakilan dari unsur pemerintah yakni dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, perwakilan dari yayasan alumni duta wisata Indonesia, psikolog, ahli bahasa dan unsur budayawan.

“Ada beberapa tahapan seleksi yang akan diikuti peserta, namun sebelumnya para peserta sebelumnya sudah diberikan pembekalan oleh juri yang telah ditunjuk untuk menerima materi pembekalan terkait bidang pariwisata, materi bidang psikologi , latihan koreo," ungkap Gunawan.

Setelah mendapatkan pembekalan,  para peserta akan mengikuti proses seleksi meliputi test tertulis, interview mendalam, dan diagendakan para peserta akan beraudiensi dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan puncaknya adalah malam grand final pemilihan duta wisata.

“Hari ini agendanya test tertulis, interview mendalam antara juri dengan peserta, lalu diagendakan ada kegiatan audiensi dan malamnya dilanjutkan dengan pemilihan duta wisata," ungkap Gunawan.

Gunawan juga mengungkapkan bahwa pemenang duta wisata provinsi akan dipersiapkan untuk mengikuti ajang pemilihan duta wisata nasional yang mewakili daerah, dan acara tersebut diselenggarakan di Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur pada tanggal 28 November s/d 2 Desember 2017. “Pemenang yang terpilih akan mengikuti ajang duta wisata nasional di NTT pada tanggal 28 November s/d 2 Desember 2017 yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mempromosikan pariwasata daerah,” ungkap Gunawan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani