Disbudpar Babel Gelar Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2017

PANGKALPINANG - Untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan kegiatan Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara 2017.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali melakukan Audisi peserta yang akan mewakili Babel dalam kegiatan tersebut. Audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara Provinsi Babel 2017 ini dilakukan mulai 8 Mei 2017, hingga 10 Mei 2017 yang bertempat di Hotel Grand Mutiara, Pangkalpinang.

Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara merupakan wadah untuk menyalurkan kreativitas generasi muda di bidang musik terkait dengan lagu-lagu nasional dan lagu-lagu khas daerah. Sejak tahun 2003, hingga kini secara berkelanjutan tampil setiap tahun, beranggotakan perwakilan generasi muda dari seluruh provinsi di Indonesia yang direkrut melalui proses audisi, yang kemudian dibina dan dilatih di Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme dengan mempelajari nilai-nilai seni dan budaya. Melalui kegiatan ini, generasi muda mendapat pengalaman kebersamaan, keragaman budaya, kreativitas seni dan memberikan wawasan kebangsaan sehingga dapat mengembangkan karakter dan jati diri mereka. Atau dengan kata lain kegiatan ini merupakan upaya pembangunan karakter bangsa melalui pengembangan seni musik dan seni suara, serta pembinaan generasi muda dalam bidang seni dan budaya melalui ajang pementasan dalam acara penting nasional.

Jumlah peserta yang terdaftar pada Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara kali ini berjumlah 56 orang yang sebelumnya telah mengikuti audisi yang diselenggarakan oleh SKPD terkait, di masing-masing 7 Kabupaten/Kota Se – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Seluruh peserta memiliki jenis suara yang beragam, seperti sopran, alto, tenor, dan bass. Sementara untuk tim juri yakni 1 orang juri dari Pusat dan 2 orang juri dari daerah.

Rencananya paduan suara Gita Bahana Nusantara tersebut, akan tampil pada saat Pidato Kenegaraan Presiden RI di Gedung DPR/MPR RI, dan saat peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta. (Ernawati Arif)

Sumber: 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Penulis: 
Ernawati Arif