Disbudpar Babel Gelar Seminar Antara Penyusunan Kajian Geopark Pulau Bangka

Pangkalpinang - Kajian Geopark Pulau Bangka kembali digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) dalam Seminar Antara Penyusunan Kajian Geopark Pulau Bangka, di Balitong Resort, Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Selasa (6/11/2018).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai menyampaikan bahwa pelaksanaan Seminar Antara bertujuan untuk mendapatkan rumusan arah pembentukan atau pembangunan geopark.

"Seminar Antara yang sedang diselenggarakan ini agar kita mendapatkan gambaran potensi dan rumusan arah pengembangan dan pembangunan geowisata untuk mendukung terbentuknya geopark di Pulau Bangka," kata Rivai dalam sambutannya.

Rivai juga menyebutkan empat sasaran penyusunan geopark.

"Ada beberapa sasaran dalam penyusunan geopark. Pertama, ada tiga pilar pembentuk geopark, yakni geo diversity (keunikan geologi), bio diversity(keanekaragaman hayati), dan culture diversity (kekayaan budaya)," katanya.

Tiga sasaran lainnya, lanjut Rivai adalah nilai geologi, jalur wisata, dan road map.

"Selain tiga pilar yang saya sampaikan tadi, berikutnya adalah nilai geologi, menyusun jalur geowisata, dan menyusun strategi serta road map," lanjutnya.

Seminar kali ini merupakan rangkaian dari seminar sebelumnya. Pada seminar sebelumnya, tim ahli mendengar dan meminta masukan dari para pihak. Untuk seminar hari ini, tim ahli memaparkan hasil rumusan mereka dan kemudian mendapat tanggapan serta masukan dari peserta.

Seminar ini dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Perhubungan, Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Pariwisata Kab/Kota, dan Universitas Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)