Disbudpar Babel Siapkan 3 Destinasi Wisata Untuk Para Delegasi IMT GT

Pangkalpinang – Dalam rangka mendukung keberhasila pelaksanaan IMT GT ke-23 yang diselenggarakan di Bangka Belitung, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan site visit ke daerah-daerah wisata di Bangka Belitung. Moment IMT GT menjadi kesempatan berharga untuk memperkenalkan alam, atraksi dan budaya Bangka Belitung.

“Persiapan sektor pariwisata untuk kegiatan IMT GT telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs. Rivai di sela-sela pelaksanaan Plenaru IMT-GT di Ballroom 1 Hotel Novotel & Convention Center, Rabu (27/09/2017).

Sektor pariwisata memberikan kontribusi pendapatan nasional tertinggi kedua setelah pertanian. Oleh karena itu IMT GT menjadi moment yang harus dimaksimalkan untuk memperkenalkan pariwisata Bangka Belitung.

Selain menjadi ajang memperkenalkan pariwisata Bangka Belitung kepada delegasi IMT GT, helpdesk pariwisata juga memberikan informasi tentang potensi pariwisata Bangka Belitung. Selain itu juga disiapkan paket singkat seperti ke Danau Biru untuk para delegasi dari Thailand dan Malaysia yang break dari pertemuan. ”Harapannya mereka akan kembali berkunjung dalam waktu yang tidak mengikat,” ujar Rivai.

Menurut Rivai, dalam rangkaian IMT GT ini, terdapat agenda site visit yang akan mengunjungi 3 (tiga) destinasi wisata, yaitu Museum Timah, Jembatan EMAS dan pantai, dimana kunjungan tersebut akan dilaksanakan pada 28 dan 29 September 2017. Rivai juga menjelaskan bahwa Disbudpar Bangka Belitung telah mempersiapkan Pol PP Pariwisata dengan spesifikasi tugas mereka sesuai dengan peraturan yang memberikan informasi tentang pariwisata.

“Secara komprehensif, Pol PP Pariwisata harus memahami kepariwisataan Babel yang didukung dengan berbahasa inggris aktif,” kata Rivai. Menurut Rivai, sebanyak 8 (delapan) pegawai Pol PP Pariwisata telah dibekali pengetahuan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tentang konten dan informasi pariwisata Bangka Belitung.

Rivai juga mengatakan beberapa inovasi kepariwisataan di Bangka Belitung telah dilakukan. Selain penempatan Pol PP Pariwisata di tempat strategis, juga menggerakkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa atau gerakan pemuda yang dikoordinir dan diberikan bekal pelatihan-pelatihan kepariwisataan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp