Dishub Babel Dukung Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas Ke Tingkat Nasional

PANGKALPINANG - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berperan aktif dalam mengajak generasi pelajar untuk lebih mengenal dan memahami arti keselamatan berlalu lintas. Dibawah Bidang Perhubungan Darat Dishub Babel menggelar Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu lintas Tingkat Provinsi Tahun 2017. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2012, tahun ini diadakan di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai 29 hingga 31 Agustus 2017 ini menghasilkan 3 (tiga) Pelajar dengan nilai tertinggi yang masing-masing juara mendapatkan Tropi dan Uang Pembinaan, yaitu

  • Juara 1 : Vincent Christine dari SMA Negeri Muntok Bangka Barat
  • Juara 2 : Philif Calvary dari SMA Negeri Muntok Bangka Barat
  • Juara 3: Deni Hariyanto dari SMA 2 Tanjung Pandan, Belitung

Sekretaris Dishub Babel, Agus Lazuardi menjelaskan para peserta yang berkompetisi di tingkat provinsi harus mengikuti tahapan seleksi tingkat Kabupaten/ Kota. “Dilaksanakan di tingkat Kabupaten/ Kota, lalu tingkat Provinsi dan akan dilanjutkan pada tingkat Nasional,” jelas Agus. Di tingkat Provinsi sendiri telah dilakukan seleksi dengan beberapa tahapan, diantaranya Psikotest, Keselamatan Lalu Lintas hingga materi-materi tentang lalu lintas. Dishub Babel juga bekerjasama dengan pihak Lalu Lintas Polda Babel dan Jasaraharja.

Lebih lanjut dijelaskan Wiratno, Penanggung jawab Pelaksanaan Kegiatan ini menjelaskan pada tanggal 8 hingga 12 Oktober 2017 nanti juara 1 dan 2 akan mengikuti kegiatan serupa tingkat Nasional. Namun, sebelum pelaksanaannya nanti para peserta akan dibekali pengetahuan lebih mendalam tentang lalu lintas.

“Akan ada bimbingan khusus terutama untuk penyusunan Karya Tulis yang akan dibekali oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Wiratno saat ditemui usai penutupan Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, Kamis (31/08/2017).

Vincent Christine yang menjadi juara pertama mengaku senang atas prestasi yang telah diraihnya. Persiapan yang dilakukannya tidak lebih dari 2 (dua) minggu bisa membantunya meraih juara 1.

"1 (satu) hari sebelum pelaksanaan, karya tulis saya baru selesai,” ungkap Vincent. Menurut Vincent pihak sekolah sangat mendukung keikutsertaannya bersama-sama dengan Philif  yang meraih juara 2 untuk dikirim ke ke Tingkat Nasional. Dan Dishub Babel akan mendukung penuh mereka yang akan berkompetisi di tingkat nasional nanti.

Lebih lanjut Vincent berharap untuk Dishub Babel dapat terus melanjutkan kegiatan seperti ini di tahun-tahun mendatang agar para pelajar memilki kesadaran dan pengetahuan tentang aturan dalam berkendara. “Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan bagi pelajar-pelajar, dimana mereka juga menjadi pengendara di jalan raya,” tegasnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp