Dishubkominfo Berperan Melakukan Makro Branding

Surakarta – Isnan W Kasie Pengembangan Komunikasi dan Informasi Dishubkominfo Kota Surakarta membenarkan program kerja Diskominfo lebih ke arah makro branding atau men-share program pemerintah melalui berbagai media. Adapun sarana digunakan di antaranya, baliho atau media luar ruang lainnya.
 
“Kita juga memanfaatkan media tradisional, media cetak dan elektronik serta media sosial. Ada 12 sarana baliho milik pemkot. Penempatan titik baliho sangat strategis, sehingga berfungsi baik menyampaikan program atau agenda,” jelasnya saat kunjungan Pranata Humas Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke Surakarta, Jumat (9/12/2016).
 
Setiap akan digelar kegiatan, jelasnya, diseminasi informasi bisa langsung menggunakan baliho. Tak hanya itu, sebab baliho ini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi tentang penghargaan atau prestasi daerah. Penyampaian informasi juga melalui media seperti leaflet dan buku. Semua bentuk publikasi ini menjadi tanggung jawab Dishubkominfo.
 
“Saat ini Kota Surakarta sudah berkembang ke arah ekonomi kreatif. Tahun 2016 Dishubkominfo telah mencetak buku tentang informasi event dan pariwisata sebanyak 12.000  eksemplar. Selain buku, kominfo juga menghasilkan produk media internal majalah dua mingguan,” ungkapnya.
 
Majalah Solo Berseri merupakan media internal dikelola Dishubkominfo. Ia menjelaskan, majalah ini terbit 6000 eksemplar dan dibagikan secara gratis ke seluruh RT/RW dan pengurus PKK di Kota Surakarta. Sementara untuk media tradisional, Dishubkominfo memiliki FK Metra dan kelompok kesenian ketoprak. Media ini juga berperan mensosialisasikan program pemerintah.
 
“Dishubkominfo sudah mendirikan radio anak dan dalam proses pengurusan perizinan. Radio ini telah siaran dengan format streaming. Dishubkominfo juga membuat aplikasi Solo Destination. Aplikasi bisa di-download melalui playstore. Solo destination ini mempermudah publik melihat informasi tentang Kota Surakarta," tambahnya. 
 
Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra