Diskominfo Babel Laksanakan Rapat Teknis Bidang Statistik Terkait SDDKN

PANGKALPINANG – Rabu (8/3/2017) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Rapat Teknis Bidang Statistik bertempat di Kantor Kominfo Babel, yang membicarakan tentang pelaksanaan pengisian data-data pembangunan Provinsi Babel dan Kabupaten/Kota untuk kepentingan pengambilan kebijakan Pemerintah Pusat dalam Sistem Database Dukungan Kebijakan Nasional (SDDKN) Kementerian Sekretariat Negara RI.

Rapat tersebut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Babel Suharto, SE, MM  , Kabid Pemberdayaan TIK, Statistik dan Persandian Gandi, S.Pd, Msi, Kasi Pengelolaan Data dan Statistik Sri Nurcahayani, ST, MSi beserta 14  orang perwakilan dari Dinas Kominfo yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

SDDKN dibangun dalam rangka menyediakan data dan informasi yang diharapkan bermanfaat dalam mendukung proses pengambilan keputusan oleh para pimpinan nasional dan daerah dalam menjalankan roda pemerintahan dan pengelolaan Negara, khususnya dalam pengendalian pelaksanaan kebijakan pembangunan nasional.

SDDKN juga dirancang agar mampu mengkomunikasikan data dan informasi dari daerah ke pusat dan sebaliknya dalam bentuk media maya internal pemerintah melalui jaringan komunikasi data. Data dan informasi yang dihasilkan diharapkan dapat memberikan dan mendapatkan gambaran yang terkini atas pelaksanaan program-program pembangunan di seluruh Indonesia.

Suharto berharap agar  SKPD serta stake holder terkait  dapat lebih meningkatkan pemanfaatan data statistik dan sektoral daerah. Serta Diskominfo pun dapat terus meningkatkan koordinasi dengan SKPD dan stakeholder terkait yang ada di daerah dalam kegiatan pengumpulan data, pengelolaan dan penyajian data sektoral dan statistik tersebut.

“Data statistik dan sektoral ini bila dapat dimanfaatkan dengan baik tentunya akan dapat memberikan gambaran aktual atas pelaksanaan program pembangunan di daerah kita, dan tentunya akan sangat membantu dalam proses pengambilan kebijakan daerah”, tegasnya.

Tindak lanjut atas hasil rapat tersebut selanjutnya akan di lakukan pengusulan admin aplikasi SDDKN dari Diskominfo Babel dan Diskominfo Kabupaten/Kota se-Provinsi Bangka Belitung, untuk mengikuti Bimbingan Teknis aplikasi SDDKN ke Kementerian Sekretaris Negara RI di Jakarta.

Rapat tersebut diakhiri dengan serah terima user id dan password untuk akses ke Aplikasi SDDKN dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kep.Bangka Belitung kepada Dinas Kominfo yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Kep.Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hana Lestari
Fotografer: 
YW Widiatmoko
Editor: 
Noviansyah