Diskusi, Monitoring Pelayanan Informasi Publik Penting

Beltim – Talafuddin Sekda Pemkab Belitung Timur menilai penyelenggaraan diskusi dan monitoring pelayanan informasi publik merupakan hal penting. Ini dapat menjadi salah satu pemicu Pemkab Belitung Timur untuk meningkatkan pelayanan di bidang informasi publik. Pemkab Belitung Timur menyadari kewajiban menyediakan dan memenuhi kebutuhan informasi publik sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kita belum memiliki peraturan daerah tentang pelayanan informasi publik. Kita menyambut baik kegiatan seperti ini. Mudah-mudahan melalui diskusi ini, peranan pelayanan informasi publik dapat lebih ditingkatkan,” ujar Talafuddin saat menyambut komisioner KID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di ruang pertemuan Satu Hati Bangun Negeri, Selasa (7/4/2015).

Dalam kegiatan yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB ini, Ahmad Ketua KID Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, diskusi terbatas dan monitoring dilakukan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan pemerintah di tingkat kabuputen/kota dalam mengimplementasikan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kita lihat baik dari partisipasi aktif masyarakat maupun kendala yang ditemui dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Diskusi ini membahas tentang informasi publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara. Ia menambahkan, KID ingin mengetahui apakah sudah ada masyarakat yang datang memohon pelayanan informasi. Selain itu, ingin mendata sengketa informasi di Kabupaten Belitung Timur.

“Biasanya sengketa informasi sering muncul di badan publik atau lembaga pemerintahan,” papar Ahmad.

Salah satu fungsi badan publik melakukan penganggaran operasional pelayanan informasi. Ia mengatakan, adanya website Pemkab Belitung Timur merupakan layanan informasi publik, sebab sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat mengakses informasi.

“Diharapkan hadirnya produk daerah dalam menguatkan pelayanan informasi publik di Beltim didukung peraturan daerah,” harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Huzari