Disperindag Babel Sosialisasikan E-Commerce Kepada Pelaku Usaha di Kabupaten Belitung

TANJUNG PANDAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mensosialisasikan e-coomerce bagi pelaku Industri di Kabupaten Belitung, bertempat di Ernava Mutiara Hotel, Tanjung Pandan pada Kamis (9/11/2017). 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan kegiatan sosisalisasi e-commerce ini bertujuan menyiapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sebab MEA membuka banyak peluang bagi pelaku usaha, mulai dari lalu lintas barang, jasa, tenaga kerja, investasi hingga modal yang tentunya juga berimbas pada masyarakat di Babel.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Kabupaten/ Kota selaku pembina pelaku usaha/ mandiri di Babel mengajak pelaku usaha untuk lebih inovatif serta meningkatkan kreativitas dengan menambah pengetahuan pelaku usaha tentang bagaimana mengenal dan menggunakan Teknologi Informasi sebagai alat bantu pemasaran yang efektif hingga lebih dikenal.

"Saya harap peserta dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dalam sosialisasi e-commerce ini. Pelaku usaha nantinya harus bisa sukses berdagang online" ungkap Suryati, Kepala Bidang Pengembangan, Pemberdayan, Fasilitasi dan Akses Industri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membuka kegiatan sosialisasi. 

Selain itu pemerintah juga berharap agar pelaku usaha mampu merubah cara pandang konvensional menjadi digital creative enterpreneur dalam menjalankan usahanya. 

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Aldo Bangsawan dari aplikasi Boomer Marketing, Perusahaan Asal America yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Reza Saputra dan Indra yang mengantarkan materi UMKM Goes Online. 

"Industri Kecil Menengah akan diarahkan pemasarannya memalui media online," ungkap Reza saat diwawancarai usai mengisi materi. Ditambahkannya bahwa program Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tentang beberapa aplikasi La Laper, La Bener, La Pinter, La Muter, La Seger, La Tuker, La Anter akan dilaunching akhir November 2017 sangat tepat disandingkan dengan aplikasi yang disampaikan dari Boomer Marketing. 

Peserta sosialisasi yang merupakan para pelaku usaha diajarkan tentang penggunaan dan praktek pembuatan website dengan aplikasi Boomer Marketing yang bisa didapat dari PlayStore pada Smartphone untuk media promosi produk dari IKM. Selain itu, peserta juga diberikan sertifikat penghargaan atas peran serta dalam kegiatan sosialisasi ini. 

Ditemui usai sosialisasi, Ibu Wiwit pelaku usaha kepiting isi mengaku akan menerapkan teknologi informasi yang didapatnya dalam sosialisasi e-commerce ini, walaupun sebelumnya produknya juga telah dipasarkan melalu media sosial seperti website, facebook bahkan Instagram. "Saya akan mengaplikasikan dalam memasarkan produk saya agar penjualan meningkat," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
indra