Dodi Setiadi Plt Dirjen IKP Tawarkan Solusi Kendala Transportasi Udara Peserta SAIK

PANGKALPINANG -- Dodi Setiadi Plt Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo RI memberikan solusi transportasi udara bagi peserta Sarana Aksi Informasi Komunikasi (SAIK) di Bangka Belitung. Caranya membuat kegiatan SAIK menjadi beberapa segmen.

Solusi yang ditawarkan Dirjen tersebut terkait persoalan penerbangan yang dipaparkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat Rakor Persiapan Pelaksanaan Festival SAIK di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur, Kamis (4/7/2019).

Erzaldi Rosman Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, saat Dinas Pendidikan menggelar acara beberapa waktu lalu, terdapat sekitar 40 persen peserta tidak datang terkendala transportasi ke Bangka Belitung. 

Sementara untuk menambah jumlah penerbangan belum bisa. Menurut Gubernur Erzaldi, maskapai penerbangan tidak ingin rugi jika menambah penerbangan, namun jumlah penambahan penumpang belum mencapai angka 70 persen.

Gubernur Erzaldi menyarankan agar peserta SAIK nantinya sudah booking tiket penerbangan jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan. Sehingga dapat mengetahui secara cepat kenaikan jumlah permintaan transportasi udara tujuan Bangka Belitung atau sebaliknya.

"Semakin cepat booking dan tanggal sudah terisi, maka maskapai bisa membuka penerbangan tambahan. Sebab airline manapun tidak mau rugi," kata Gubernur Erzaldi.

Sedangkan ketika menyinggung mengenai kondisi keamanan, Gubernur Erzaldi menjamin kondisi Bangka Belitung selalu kondusif. Begitu juga dengan destinasi wisata yang mempunyai daya tarik sendiri dan jumlah hotel maupun penginapan nyaman.

Sebagaimana diketahui, tahun ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan SAIK. Rencananya SAIK akan digelar tanggal 28 Oktober sampai 1 November mendatang. Kegiatan ini merupakan sarana keserasian kehumasan nasional. 

Adapun tujuannya, sebagai wadah koordinasi dan membangun kapasitas kehumasan. Sebab perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga perlu diupdate melalui SAIK. Nanti ada sinergi pelaksana kehumasan dan forum koordinasi media pertunjukan rakyat nasional.

Dodi Setiadi Plt Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo RI mengatakan, akomodasi tidak menjadi masalah. Sedangkan untuk mengatasi persoalan transportasi udara, kegiatan nantinya bisa dibuat per segmen. Sehingga peserta bisa berangkat secara bertahap.

"Contohnya, acara pembukaan dibedakan hari pelaksanaannya dengan rangkaian acara kegiatan. Bisa juga peserta digiring wisata ke Belitung, kemudian baru menuju Bangka. Kita harap kegiatan sukses dan berhasil dengan baik," jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli