DPD RI Asal Babel Kunjungan Kerja Dalam Rangka Pengawasan Pilkada

PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung DR. Yan Megawandi, SH, M.Si menerima Kunjungan kerja Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia ( DPD-RI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Drs.H.A Hudarni Rani,SH dan Bahar Buasan ST,MSc pada Selasa, 14/02/2017).

Anggota DPD-RI diterima Sekda DR. Yan Megawandi, SH, M.Si  di ruang Rapat sekda yang di dampingi Kapolda Babel Kombes Herry Nexen yang mewakili Kapolda, Kajati Babel, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs.Herri Patriadi, Kepala Dinas Kesbangpol Drs.tarmin AB.M,Si serta Anggota Bawaslu dan KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Anggota DPD-RI Bangka Belitung Drs.H.A Hudarni Rani,SH menjelaskan, kunjungan dan kedatangan Anggota DPD terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Bangka Belitung yang berlangsung Rabu, 15 februari 2017 dengan harapan berjalan secara demokratis tanpa harus diwarnai dengan keributan.

Landasan konstitusional pemilihan Kepala Daerah secara langsung saat ini mengacu kepada UU Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua Atas Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota (selanjutnya disebut UU Pilkada). UU Pilkada ini kemudian menjadi Payung hukum Penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat Daerah.

“Pilkada serentak akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 15 februari 2017 untuk pemilihan Kepala daerah meliputi 7 (tujuh) Provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten, diantaranya DKI Jakarta, Banten, Aceh, Sulawesi Barat, Gorontalo, Bangka-Belitung dan Papua Barat,”Paparnya.

DPD-RI sangat konsen dalam mengawal sistem demokrasi melalui pemilihan langsung oleh Rakyat secara serentak di semua jenjang Pemerintahan Daerah guna membuka ruang partisipasi masyarakat dan memastikan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak pada tanggal 15 februari 2017 dapat berjalan Aman, tertib dan lancar sesuai dengan perencanaan tahapan sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU” Dijelaskan lebih lanjut.

Usai penjelasan Anggota DPD-RI Drs.A Hudarni Rani, Sekda DR.Yan Megawandi sedikit menjelaskan gambaran Persiapan dan rincian pembiayaan keuangan terkait Pelaksanaan Pilkada Gubernur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2017 ini.

Sementara itu Kombes Herry nexen Menjelaskan” menjelang pelaksanaan Pilkada serentak berdasarkan Prediksi Intelejen Polri Pihaknya tidak meminta bantuan langsung ke Mabes Polri namun itupun apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, secara Sistem Komando Pihaknya sudah siap bila mana  nanti akan membutuhkan bantuan dari Mabes Polri, secara komunikasi Polda siap mendukung pelaksanaan Pilkada,” Tandasnya.

Anggota DPD-RI Bahar Buasan ST,MSc menambahkan’ dirinya mengapresiasi dan mengajak seluruh komponen bersama sama untuk mendukung agar acara Pilkada berjalan lancar dan mendapatkan pemimpin Bangka Belitung kedepan yang  baik.(Ma/Kominfo Babel).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Muhammad Anshori
Editor: 
Noviansyah