DPRD Paripurna Istimewa, Gubernur Berharap Erzaldi-Fatah Bisa Sinkronkan Kebijakan

PANGKALPINANG – Hari ini DPRD Provinsi Bangka Belitung resmi mengumumkan hasil penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung terpilih periode 2017-2022 oleh KPU Provinsi Bangka Belitung.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung  Rustam Effendi saat menghadiri acara Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Periode 2017-2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bangka Belitung, Jumat (24/3/2017) mengatakan proses pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Februari lalu sudah berjalan dengan baik melalui pesta demokrasi. Apapun hasilnya Ia berharap seluruh masyarakat Bangka Belitung dapat menerimanya, begitu juga dirinya.

“ Proses pelaksanaan pilkada sudah berjalan dengan baik, apapun hasilnya kita semua harus terima. Begitu juga dengan saya, “ Ungkap Rustam.

Kedepan, Rustam berharap agar Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih dapat mensinkronkan antara kebijakan mereka dengan kebijakan Gubernur sebelumnya agar bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat. Selain itu, Ia juga berharap dalam masa transisi ini agar bisa dijalankan dengan baik, jangan sampai penilaian masyarakat ketika meninggalkan jabatan nanti dengan penilaian kerja yang buruk.

Hal senada disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Didit Srigusjaya, proses pelaksanaan pilkada sudah berjalan cukup baik. DPRD dalam rapat paripurna istimewa sudah mengumumkan hasil penetapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung terpilih periode 2017-2022 oleh KPU yakni Erzaldi Rosman Djohan sebagai Calon Gubernur Provinsi Bangka Belitung dan H. Abdul Fatah sebagai Calon Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung yang selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri.

Didit berharap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih nantinya dalam melaksanakan tugas dan wewenang sebagai Kepala Daerah dapat bersinergi bersama DPRD dan juga instansi vertikal lainnya agar pelaksanaan pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik.

“ Saya berharap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang terpilih dapat bersinergi bersama DPRD dan juga instansi vertikal lainnya agar pelaksanaan pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik, “ Ujarnya.

Selain itu, dalam rapat istimewa paripurna, DPRD juga mengumumkan akhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya yang akan berakhir pada tanggal 07 Mei 2017 mendatang. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya yang telah melaksanakan tugas dengan baik dalam memajukan Provinsi Bangka Belitung.

Sementara itu, Bagong Susanto Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai pesta demokrasi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur berjalan dengan aman dan kondusif. Namun menjadi catatan penting bagi masyarakat Bangka Belitung untuk dapat meningkatkan partisipasi dalam pemilu yang akan datang. Saat ini tercatat untuk wilayah Provinsi Bangka Belitung baru tercapai sekitar 60 persen partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang lalu. Hal tersebut akan menjadi evaluasi bagi Bawaslu, KPU dan pemerintahan agar duduk bersama untuk dapat mencapai tingkat partisipasi sebesar 70 persen sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari/Evani
Fotografer: 
Evani