DPRD Peduli Kesejahteraan Guru

PANGKALPINANG -  Puluhan guru PAUD dari Kabupaten / Kota pada Kamis (09/08), kembali mendatangi DPRD Babel menuntut agar segera dicairkan dana insentif oleh Dinas Pendidikan. Rombongan tersebut diterima langsung oleh Ketua DPRD, Didit Sri Gusjaya.

Tampak hadir pada pertemuan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs.M.Soleh, MM  bersama beberapa Kepala Dinas Pendidikan dari Kabupaten dan perwakilan Bakuda Babel.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, anggaran yang disiapkan oleh Dinas khusus untuk insentif Guru PAUD adalah Rp 2.400.000 per orang per tahun, dibagikan kepada 3.229 Guru PAUD se-Babel. Insentif ini sudah diproses ke Kabupaten atau Kota. Lalu ada juga alokasi untuk peningkatan kualitas Guru PAUD melalui beasiswa.

"Semakin cepat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengajukan pencairan, semakin cepat dana tersalurkan ke setiap Guru PAUD," ujr Soleh.

Senada dengan Dinas Pendidikan, Wedi Saputra, selaku perwakilan dari Bakuda Babel menjelaskan keterlambatan pencairan ini tergantung dari Kabupaten/Kota. Menurutnya juga ada beberapa Kabupaten-Kota yang sudah dan yang belum mencairkan insentif guru PAUD ini.

"Kabupaten Bangka, Bangka Selatan dan Bangka Barat sudah dilakukan pencairan, kami juga sudah menyampaikan ke setiap Kabupaten dan Kota. Intinya kita siap melakukan pencairan, kapanpun jika sudah ada pengajuan sesuai dengan Keputusan Gubernur," ujar Wedi kemudian.

Penjelasan dari pihak eksekutif ini ditanggapi positif oleh DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Didit Srigusjaya mengatakan bahwa DPRD sangat peduli dalam memperhatikan kesejahteraan para guru, termasuk para Guru PAUD. Untuk itu, Ia akan segera memanggil seluruh kepala dinas pendidikan dari kabupaten dan kota bersama sekdanya untuk menanyakan kepastian atas dana insentif ini.

"Hari Senin nanti akan dianggil semuanya, semoga ada titik terang tentang permasalahan keterlembatan pembayaran ini," kata Didit.

Terkait dana beasiswa, Didit memberikan saran agar dana tersebut dialihkan ke peningkatan insentif saja, pasalnya, penggunaan dana ini dinilai masih tidak dinikmati oleh setiap Guru PAUD.

"Lebih baik kita alokasikan dana beasiswa ini kearah peningkatan insentif saja, biar semua guru PAUD bisa menikmati, " ujar Didit. 

 

 

 

Sumber: 
Humas Sekretariat DPRD Babel
Penulis: 
Utari Marisa/Pranata Humas Setwan
Fotografer: 
Agus Rama/Fardha