Dua Kejuaraan Olahraga Tingkat Nasional Menunggu, Dispora Babel Pasang "Kuda-Kuda"

PANGKALPINANG -- Dipastikan tahun depan dua kejuaraan olahraga tingkat nasional bakal digelar di Bangka Belitung. Dua kejuaraan tersebut di antaranya, atletik dan kejuaraan voli pantai. Menyambut dua moment tersebut, sejak dini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Babel pasang "kuda-kuda". Persiapan dilakukan jauh hari untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan event.

Kepala Dispora Babel Suharto SE, MM menjelaskan, hasil pertemuan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga baru-baru ini, tahun depan Bangka Belitung dipercaya melaksanakan kejuaraan atletik dan voli pantai tingkat nasional. Tentunya akan banyak atlet berkunjung ke Babel, hal ini berdampak terhadap perkembangan segala sektor. Contohnya sektor UMKM dapat memanfaatkan moment ini.

"Dengan adanya pendekatan intens dari Dispora Babel, maka sudah pasti ada dua kejuaran olahraga tingkat nasional di Babel tahun depan. Ini sejalan dengan keinginan Gubernur Erzaldi yang ingin menarik event tingkat nasional ke daerah ini," kata Kadispora Suharto saat ditemui usai Salat Zuhur di Masjid Al Iman, Temberan, Pangkalpinang, Rabu (30/5/2018).

Menurut mantan Atlet Nasional Cabang Olahraga Menembak ini, dua kejuaraan olahraga yang menjadi naungan Dispora disetujui Kemenpora, terutama untuk PPLP/PPLD. Diperkirakan ada ribuan tamu berkunjung ke Babel terkait pelaksanaan dua event itu nantinya. Sekaligus Bangka Belitung ingin menjajaki serta persiapan jelang porwil dan sebagai ajang pemanasan menghadapi PON mendatang. 

Kejuaraan tingkat nasional yang digelar di Babel tentunya berdampak terhadap perkembangan berbagai sektor. Kadispora Suharto mengatakan, potensi pariwisata dapat terpromosikan melalui penyelenggaraan kegiatan ini. Tak hanya itu, sebab hotel-hotel yang selama ini kurang tamu, akan terjadi peningkatan jumlah tamu. Masyarakat yang bergerak di sektor UMKM juga hendaknya bisa membaca peluang.

Sedikit demi sedikit upaya menciptakan sport tourism Babel terus dilakukan Dispora. Agen perjalanan tentunya juga bisa memetik keuntungan dari sejumlah event olahraga tingkat nasional. Kadispora Suharto mengharapkan, semua potensi di Babel terangkat dengan kegiatan bertaraf nasional. Pasalnya perputaran uang di daerah lebih banyak dari sebelumnya.

"Kita juga telah mempersiapkan atlet Babel. Setiap ada kejuaraan atletik tingkat nasional, Babel mendapatkan medali emas. Baru-baru ini kita mendapatkan urutan ketujuh se Indonesia. Jadi kami optimis, atlet Babel bisa mengharumkan nama daerah," kata Kadispora Suharto.   

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra