Dukung Sapta Pesona, Para Relawan Gelar Aksi Bersih Pantai Dan Pulau

Bangka -  Sebanyak dua ratus orang melaksanakan aksi bersih-bersih di kawasan wisata Pantai Penyusuk dan Pulau Putri, Romodong, Kabupaten Bangka, Senin (5/11/2018). Aksi bersih-bersih dibagi dua kelompok, yakni 170 orang di kawasan pantai Penyusuk dan 30 orang di Pulau Putri.

Aksi ini merupakan bagian dari kegiatan Aksi Sapta Pesona yang diselenggarakan oleh Bidang Destinasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel). 

Kepala Disbudpar Babel diwakili Kepala Bidang Destinasi Rusni Budiati mengatakan bahwa sebagai Daya Tarik Wisata (DTW), pantai dan pulau-pulau kecil harus memiliki Sapta Pesona.

"Pantai dan pulau-pulau kecil adalah karakter utama dari pariwisata Bangka Belitung. Setiap DTW sudah seharusnya memenuhi unsur Sapta Pesona, mulai dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan," kata Rusni saat memberikan sambutan.

Rusni juga menambahkan bahwa selain menciptakan DTW yang layak dikunjungi wisatawan, juga untuk menciptakan kesadaran masyarakat sekitar terhadap DTW yang ada.

"Melalui kegiatan ini, kita ingin mengajak masyarakat sekitar DTW agar lebih peduli dan dapat menciptakan suasana yang asri di pantai dan pulau, atau pun DTW yang ada lainnya," katanya.

Lurah Romodong Indah, Achmad Ichwanda mengatakan bahwa kelurahan yang baru berusia dua tahun ini didominasi oleh hutan.

"Sebagai kelurahan yang masih sangat muda, Romodong memiliki lebih banyak hutan," sampainya.

Achmad menyampaikan bahwa alam yang asri merupakan unsur bagi nikmat rohani.

"Kebutuhan manusia tidak hanya secara jasmani saja, tapi juga rohaninya. Kita ingin melihat pemandangan yang indah dan asri. Nah ini salah satu nikmat bagi rohani kita yang kadang jauh lebih penting," katanya.

Abadi Raksapati dari P2PAR ITB selaku narasumber memberikan paparan yang diselingi dengan quiz berhadiah. 

Disamping itu juga hadir GenPI (Generasi Pesona Indonesia) yang ikut memeriahkan acara dengan penyampaian materi singkat terkait GenPI Bangka Belitung.

Selain aksi bersih-bersih, sebanyak 500 bibit tanaman bantuan dari BPDASHL Baturusa Cerucuk juga diserahkan kepada warga.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)