E-Commerce  Perluas Akses Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah 

Pangkalpinang - Pemanfaatan e-commerce bagi para pelaku usaha kecil dan menengah perlu dilakukan. Hal tersebut penting untuk memperluas jaringan pemasaran dan meningkatkan peran sektor para pelaku usaha dalam dunia perdagangan dunia. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka, diwakili Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya, Fasilitasi dan Akses industri, Suryati, S.H., saat membuka kegiatan Sosialisasi E-Commerce Bagi Pelaku Industri, bertempat di Kantor PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu ( 22/11/2017 ).

E-commerce merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, serta pertukaran informasi melalui jaringan internet. Dan acara ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan bagi para pelaku industri dalam pemasaran online sehinga mampu bersaing dalam pasaran global melalui teknologi informasi.

Strategi pengembangan e-commerce ini menjadi diantara salah satu upaya Pemerintah Provinsi Bangka Belitung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai upaya mendorong perkembangan dunia usaha kecil dan menengah dengan melibatkan berbagai stakeholder baik pemerintah, swasta, maupun komponen masyarakat.

Saat ini, kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah diberlakukan. Hal tersebut diartikan bahwa lalulintas barang dan jasa, tenaga kerja, serta investasi akan semakin deras masuk ke Indonesia tidak terkecuali di Bangka Belitung. Oleh karenanya ini merupakan peluang sekaligus tantangan serius bagi pelaku industri.

"Dewasa ini pangsa pasar akan bertambah luas namun disisi lain produk kita dituntut untuk lebih baik agar tidak tergusur dalam persaingan. Bangka Belitung memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan dengan melakukan sinergitas para pelaku industri dan pemerintah agar masyarakat Bangka Belitung menjadi pemain di negeri sendiri," ujar Suryati.

Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Reza Saputra dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Aldo Bangsawan dari Brandpier.Inc

Menurut Reza, perubahan signifikan terjadi dalam industri perdagangan pada saat ini, yaitu terjadinya pergeseran dalam dunia perdagangan dari mentode konvensional menuju digital seperti penjualan secara online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Pemanfaatan media sosial dalam menjual produk baik barang dan jasa bagi para pelaku industri dapat memberikan keuntungan maksimal, diantaranya dengan melakukan transaksi online. Para pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan modal besar dalam menjalankan bisnis usahanya," jelas Reza.

Dijelaskan oleh Reza bahwa jangkauan pemasaran pasar melalui e-commerce sangat luas dan tiada batas, siapa saja dapat melihat keunggulan produk yang ditawarkan. Reza juga menyampaikan bahwa masyarakat memegang kendali penuh dalam bertransaksi karena dilakukan dimana dan kapan saja, dan untuk mengembangkan usaha dengan menggunakan aplikasi sangat mudah dan sederhana.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin