Empat Kasus Berhasil Diungkap Tim Saber Pungli

Pangkalpinang – Kendati baru dikukuhkan, Rabu (21/12/2016) namun Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Unit Satgas Saber Pungli sudah berhasil menemukan empat kasus pungli di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pengukuhan 41 orang yang tergabung dalam Tim Saber Pungli secara langsung dilakukan Yuswandi A Tumenggung Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Kombes Pol Mustofa Ketua Pelaksana Unit Satgas Saber Pungli mengatakan, tim ini sudah mulai bekerja walaupun baru dikukuhkan. Semenjak terbentuk, sudah ada empat temuan pungli di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Empat temuan tersebut sudah disampaikan kepada Kemenpolhukam. Namun belum bisa dibeberkan, karena satgas baru akan dikukuhkan.

“Syarat utama bagi rekan-rekan Satgas Saber Pungli harus bersih. Jangan sampai ada rekan tim ditangkap. Tugas kita menangkap pelaku pungli. Tim ini independen, jangan ragu-ragu bertindak karena kita ada payung hukumnya," jelas Mustofa yang kini masih menjabat sebagai Irwasda Polda Kepulauan Bangka Belitung di Lantai II Kantor Gubernur, Rabu (21/12/2016).

Yuswandi dipercaya mengisi posisi Penanggung Jawab Tim Saber Pungli Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sementara Kombes Pol Mustofa Irwasda Polda Kepulauan Bangka Belitung sebagai ketua, Haryoso Inspektur Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Wakil Ketua I dan Meiza Khoirawan Asisten Bidang Pembinaan Kejati Bangka Belitung menduduki posisi Wakil Ketua II.

Perpres No 87 tahun 2016 mengamanatkan Kementerian, Lembaga dan Pemda membentuk Unit Saber Pungli. Yuswandi  berharap Tim Saber Pungli dapat dengan berjalan efektif sesuai koridor. Pembentukan Tim Saber Pungli di pemda merupakan tindak lanjut instruksi presiden terkait pemberantasan pungutan liar dan Satgas Saber Pungli.

“Khusus Unit Saber Pungli, dibentuk empat kelompok kerja atau pokja di antaranya, pokja pencegahan, pokja penindakan, pokja yustisisi dan pokja inteligen. Keempat pokja ini harus bersinergi menekan pungli dan diharapkan tim ini bisa menghilangkan pungli di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tegas Yuswandi.

Ada dampak besar akibat pungli. Ia menambahkan, cukup banyak uang dapat dikumpulkan jika kasus pungli terjadi dari Sabang sampai Merauke. Namun lebih berbahaya dampak pungli pada kehidupan masyarakat. Pasalnya kehidupan bermasyarakat dan sektor pelayanan publik.diwarnai ketidaknormalan. Kepercayaan masyarakat terhadap pelayan publik menurun.

Tim Saber Pungli diharapkan dapat membuat pelayanan publik menjadi sangat prima. Ia menambahkan, kepercayaan masyarakat juga meningkat. Karena masyarakat mengetahui koridor-koridor penyelenggaraan pelayanan. Kehadiran tim ini juga dapat mengarahkan kepada hal-hal lebih produktif, sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tim Saber Pungli harus bersinergi dan berkoordinasi. Empat pokja harus terintegrasi dengan baik untuk mendapatkan hasil baik pula. Selain itu, tim bisa saling berbagi informasi dengan Tim Saber Pungli di Kakanwil Hukum dan HAM. Mari bekerja efektif dalam menjawab tantangan ke depan. Besok harus lebih baik dari hari ini," harapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra

Berita

20/08/2016 | Diskominfo Babel
09/04/2015 | Dinas Kominfo
29/04/2015 | Dinas Kominfo
27/11/2015 | Dinas Kominfo
09/09/2016 | Diskominfo Babel
21/08/2016 | Diskominfo Babel
17/05/2016 | DPPKAD Babel/www.babelp...

Berita Berdasarkan Kategori