Erzaldi – Abdul Fatah Terpilih Sebagai Gubernur Dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017 – 2022

Pangkalpinang – Setelah melalui tahapan proses demokrasi yang cukup panjang, akhirnya Rapat Pleno Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (26/02).

Rapat Pleno tersebut terbuka untuk umum dan dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta undangan kepada pihak terkait.

Di awal sambutannya, Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fahrurrozi menyampaikan bahwa tahapan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung telah memasuki tahapan perhitungan suara di tingkat provinsi. Dan seluruh tahapan telah berjalan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan.

“Pada hari ini (26/2) kita semua akan menyaksikan perhitungan suara yang akan diplenokan. Perhitungan suara ini akan disaksikan juga oleh saksi dari masing-masing pasangan calon. Dan setiap KPU Kabupaten/Kota akan menyampaikan hasil rekapitulasi perhitungan suara di masing-masing daerah sekaligus juga menyampaikan permasalahan dan hambatannya”, sambung Fahrurrozi.

Dari pantauan babelprov.go.id, semua proses pada Rapat Pleno tersebut berjalan tanpa ada kendala yang berarti walaupun ada sedikit permasalahan teknis, dimana diwamana KPU Pangkalpinang tidak melampirkan DB1-KWK halaman 1 yang merupakan Data Pemilih. Dan KPU Kota Pangkalpinang diminta menyampaikan data yang ada dan ditunda penyampaian laporannya.

Namun pelaksanaan perhitungan suara tetap dilanjutkan. Dan hasil Rapat Pleno KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentang Perhitungan Suara adalah dengan hasil sebagai berikut: Daftar Pemilih Tetap berjumlah 923.238, Pengguna hak pilih berjumlah 566.545 (61,4%), suara sah berjumlah 548.071), dan suara tidak sah berjumlah 18.474.

Sedangkan suara yang diperoleh dari masing-masing Pasangan Calon adalah: Nomor Urut 1 (Double YY) mendapatkan 104.693 suara, Nomor Urut 2 (Rumah Kite) memperoleh 124.369 suara, dan Nomor Urut 3 (Beriman) berjumlah 105.567 suara serta Nomor urut 4 (Berkah) memperoleh  213.442 suara.

Setelah melakukan perhitungan, dilakukan penandatanganan Berita Acara Pleno Rekapitulasi Pilkada dan menetapkan Pasangan Calon Gubernur – Wakil Gubernur Nomor Urut 4, yaitu Erzaldi Rosman Johan dan Abdul Fatah ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung  untuk periode 2017 – 2022.

Sebelum menutup pleno, Ketua KPU Bangka Belitung menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkada sehingga pelaksanaan pilkada gubernur ini dapat berjalan dengan aman dan tidak ada gejolak di lingkungan masyarakat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian
Fotografer: 
Ahmad Fauzan Syahzian