Erzaldi Ingin Orang Tua Tak Manjakan Anak

PANGKALPINANG—Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengajak orang tua untuk menjadikan  momentum Ramadhan sebagai media introspeksi diri dalam mendidik anak-anaknya. Orang tua memiliki peran penting dalam proses pendidikan dan membangun karakter anak sehingga bangsa ini nantinya diisi oleh generasi cerdas, berhaklak mulia, dan islami. Salah satu pola dalam membesarkan dan mendidik anak adalah dengan tidak memanjakan si buah hati.

"Kita sebagai orang tua memiliki tanggung jawab untuk menjadikan anak kita anak yang cerdas  dan berakhlak. Kita memikul tanggung jawab untuk menjadi generasi saat ini menjadi generasi cerdas, kuat, dan islami. Dengan anak yang cerdas dan berkarakter islami, Insya Allah bangsa ini kedepannya akan  lebih baik,"  kata Erzaldi saat memberikan ceramah sebelum pelaksanaan salat Tarawih di Masjid Al Muhajirin, Jalan Balai, Pangkalpinang, (25/5/2018).

Menurut Erzaldi, orang yang bijak sesungguhnya adalah orang tua yang tidak memanjakan anaknya. Orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anaknya.

"Bagaimana kita mau menyuruh anak kita salat dan mengaji, sementara kita sebagai orang tua juga tidak salat dan mengaji, malah kita sibuk nonton sinetron. Bagaimana kita  melarang anak  untuk tidak  merokok sementara  kita orang tua juga  merokok. Jadi mari kita menjadi contoh yang baik untuk anak-anak kita," ajak Erzaldi.

Dikatakan Erzaldi, dalam Alquran Surat An-Nisa Ayat 9, disebutkan tentang bagaimana peran orang tua dalam mendidik anaknya. Orang tua jangan berpikir dan takut jika tidak meninggalkan harta untuknya, tapi takutlah kepada Allah jika tidak memberikan dan membekali pendidikan bagi anaknya.

"Dalam Alquran Surat An-Nisa Ayat 9 yang artinya dan takut kepada Allah orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang  lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap kesejahteraannya. 

Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar," kata Erzaldi mengutip Al Quran Surat An-Nisa Ayat 9.

Untuk menghasilkan generasi cerdas yang Islami lanjut Erzaldi, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan beasiswa Tahfiz yaitu beasiswa kepada penghapal Al Quran.

"Alangkah banggnya kita jika anak-anak kita banyak yang hafal Al Quran. Untuk itu ada beasiswa kepada mereka yang Tahfiz Quran ini," ujarnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mammaq
Fotografer: 
Mammaq