Erzaldi Minta Aset BBIS Pemali Bermanfaat untuk Masyarakat

BANGKA-- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman minta aset Balai Benih Ikan Sentral (BBIS) Pemali Bangka harus tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Bangka Belitung, Padli saat mendampingi Staf Khusus Gubernur Babel Bambang Ari Satria mengunjungi Balai Benih Ikan Sentral Pemali pada Selasa (13/2).

"Tadi arahan Gubernur meskipun kewenangan pengelolaan budidaya air tawar tidak lagi menjadi kewenangan provinsi namun Gubernur Babel menginginkan aset BBIS tetap dikelola dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," kata Padli.

Masih dikatakan Fadli, penekanan gubernur intinya adalah bagaimana agar keberadaan BBIS ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Misalnya induk dan benih yang masih ada bisa dipakai untuk kegiatan budidaya masyarakat yang nantinya akan disalurkan kepada Pokdakan atau kelompok masyarakat pembudidaya ikan, " jelas Padli.

Sementara aset lainnya seperti lahan, kolam, hatchery dan gedung akan coba dimanfaatkan lewat mekanisme sewa atau pinjam pakai kepada pihak ketiga.

Senada dengan Sekretaris Dinas, Kepala BBIS Robani Juhar juga menyambut baik keinginan Gubernur Erzaldi terkait pemanfaatan BBIS. "Saya setuju dengan Bapak Gubernur, aset BBIS harus tetap bisa dimanfaatkan untuk masyarakat meskipun Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 menyebabkan kewenangan pengelolaan budidaya air tawar beralih menjadi kewenangan pemerintah kabupaten," tukas Robani.

Sedangkan Bambang Ari Satria, Staf Khusus Gubernur Babel menyampaikan sedianya Gubernur Erzaldi ikut hadir mengunjungi BBIS. "Pak Gubernur sudah ada rencana mengunjungi BBIS dalam rangkaian kegiatan Natak Kampung dari Mapur namun karena ada pekerjaan lain yang tidak bisa ditinggalkan beliau langsung kembali," ujar Bambang.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mutiah Sahiddin (Pranata Humas DKP Babel)
Fotografer: 
Mutiah Sahiddin
Editor: 
Irwanto