Erzaldi : Peserta Tes Masuk IPDN Harus Percaya Diri

PANGKALPINANG - Sebanyak 81 orang Peserta Tes Masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Bangka Belitung diberi pengarahan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur (10/07/2017).

Mereka merupakan 81 dari 335 orang peserta yang telah lulus tes Akademik. Kemudian akan dilanjutkan dengan tes Kesehatan pada tanggal 11 Juli, bertempat di Rumah Sakit DKT Pangkalpinang dan dilanjutkan Psikotes pada Akhir Juli, bertempat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM .

Kemudian rangkaian Tes terakhir adalah Tes Pantokhir yang akan dilaksnakan di Bulan Agustus.

Rangkaian Tes mendatang akan menggugurkan setidaknya 54 peserta, sebab kuota untuk Babel sendiri hanya 27 orang yang mencapat great (rata-rata) untuk masuk IPDN.

“jadi peserta harus mempersiapkan fisik dan mental, sebab akan banyak tekanan-tekanan saat tes berlangsung”, Ungkap Sahirman Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Babel yang hadir mendampingi Gubernur.

Pada kesempatan yang sama Gubernur menegaskan, selain segala aspek kesiapan menghadapi rangkaian tes, peserta juga harus dibekali landasan agama yang kuat dan rasa percaya diri yang tinggi.

“Jangan pernah percaya dengan usaha diluar usaha diri sendiri. Tidak ada istilah masuk IPDN dengan uang atau bantuan orang lain.” Tegasnya.

Selain itu, menanggapi isu yang banyak tersebar dimasyarakat tentang praktek suap untuk masuk IPDN, Erzaldi menegaskan bahwa sebagai Gubernur, tes IPDN tahun 2017 ini akan dikawal ketat olehnya.

“Saya menjamin tes ini sangat fair, saya akan mengawal tes ini hingga akhir”, Erzaldi meyakinkan para peserta.

Bahkan Gubernur akan memberi sanksi tegas, jika terbukti ada praktek suap dalam rangkaian Tes Masuk IPDN 2017 di Bangka Belitung.

“Cukup dengan bersyukur atas apapun itu", Pesan Erzaldi, bagi peserta tes yang lulus nantinya untuk tidak sombong, sebab perjalanan dalam pendidikan di IPDN hingga menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) masih sangat panjang. Tidak perlu merasa tinggi hati.

Sedangkan peserta yang tidak lulus, jangan pernah kecewa dan jangan pernah menyalahkan pihak manapun atas kegagalannya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp