Erzaldi Rosman Raih Penghargaan Pembina Produktivitas Paramakarya Tahun 2019

Jakarta - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman raih Penghargaan Pembina Produktivitas Paramakarya Tahun 2019. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin di Istana Wapres RI, Kamis (28/11/2019).

Penghargaan dari Kementerian Tenaga kerja RI ini diberikan kepada Erzaldi atas dukungan dan pembinaan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan penganugerahan produktivitas pramakarya tahun 2019.

“Alhamdulillah IKM Gurih DD yang berasal dari Desa Kurau Barat berhasil meraih penghargaan Produktivitas Paramakarya tahun 2019 dengan klasifikasi USAHA KECIL " Berkinerja Baik" selama 3 tahun berturut-turut,” ujar Erzaldi. 

“IKM Gurih DD ini memproduksi hasil olahan hasil laut dan semoga ini awal dari semangat usaha kecil yang bisa membangkitkan usaha kecil lainnya yang ada di Kepulauan Babel dan mendorong pelaku pelaku usaha untuk mewujudkan kreativitasnya sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ucap Gubernur didampingi Kepala Disnaker Bangka Belitung Harrie Patriadie dan Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh. 

Wapres Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada perusahaan yang menerima penghargaan Paramakarya 2019 ini baik perusahaan skala kecil, menengah dan besar. “Saya juga menyampaikan apresiasi atas segala upaya meningkatkan produktivitas usahanya. Apresiasi juga saya sampaikan kepada jajaran Pemerintah Daerah yang telah berupaya mendorong peningkatan produktivitas pengusaha di daerahnya masing-masing,”katanya.

Terkait dengan hal tersebut beliau sangat mengharapkan agar para penerima penghargaan Paramakarya dapat membantu menjadi role model bagaimana usaha mikro dan kecil tersebut agar dapat berkembang dan bertransformasi menjadi usaha yang lebih besar dan produktif. Beberapa gagasan seperti melakukan pendampingan usaha perlu dilakukan, tetapi bukan dilakukan oleh birokrasi, tapi harus dilakukan oleh para pengusaha itu sendiri,” ungkap Ma’ruf.

Di akhir sambutannya Wapres berharap penghargaan ini dapat terus memacu perusahaan kecil, menengah dan besar untuk terus meningkatkan produktivitas serta menularkan kisah sukses tersebut kepada perusahaan lain. Bagi seluruh jajaran Kementerian Ketenagakerjaan diharapkan terus bekerja keras berinovasi untuk upaya peningkatan produktivitas ini.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengatakan penghargaan produktivitas tertinggi ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang terus meningkatkan produktivitasnya dan berhasil mempertahankan tingkat produktivitas yang dicapai selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. Penghargaan produktivitas tersebut terdiri dari penghargaan Sidhakarya dan Pramakarya.

Paramakarya adalah penghargaan produktivitas tingkat nasional, yang diberikan oleh Presiden RI/Wakil Presiden setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil. Sedangkan Siddhakarya merupakan penghargaan produktivitas tingkat provinsi, yang diberikan oleh Gubernur/Wakil Gubernur pada setiap tahun genap.

Tahun ini, terdapat 30 perusahaan yang menerima penghargaan Paramakarya yaitu 16 perusahaan kecil, 9 perusahaan menengah dan 5 perusahaan besar. Keberhasilan ketigapuluh perusahaan tersebut meraih penghargaan ini, yang mengantarkan Kepala Daerah, meraih Penghargaan Paramakarya," kata Ida.

Sumber: 
Kantor Penghubung Jakarta
Penulis: 
Rohimah
Fotografer: 
Heri K