Event Sepeda Internasional AUDAX Club Parisien Bakal Digelar di Babel

PANGKALPINANG -- – Kadiskepora Pemprov Babel Suharto pada Kamis (8/2) mengadakan pertemuan dengan pihak penyelenggara AUDAX Club Parisien (ACP) yang akan menyelenggarakan event sepeda bergengsi di Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung. ACP ini merupakan organisasi dari Perancis yang telah berdiri sejak tahun 1921. Pertemuan tersebut diadakan di ruang kerja Kadiskepora di Gedung Olahraga Sahabuddin.

Penyelenggaraan ACP di Bangka Belitung ini adalah yang pertama kalinya. Dengan mengusung sport tourism, Kadiskepora Babel berharap event tersebut dapat berkelanjutan di Babel mengingat dampak yang diberikan terhadap promosi Babel ke negara luar sangat menjanjikan.

“Kalau saya lihat, dengan percepatan sport tourism ini menjanjikan. Dan Kalau bisa event ini dijadikan suatu kalender tahunan bahwa Audax tidak hanya sekadar seremonial saja,” harap Suharto.

Pihak penyelenggara AUDAX Club Parisien, Bob menjelaskan bahwa setiap pesepeda ini nantinya akan berjalan secara mandiri tanpa adanya iring-iringan, mobil pengawalan yang mengikuti atau dukungan lain dalam rute brevet. Dukungan pribadi hanya diizinkan di tempat kontrol (check point). Apabila hal tersebut dilanggar, maka akan menyebabkan peserta pesepeda di diskualifikasi.

“Para peserta nanti tidak akan dikawal. Namun mereka akan menggunakan sebuah aplikasi untuk berkomunikasi apabila ada masalah di perjalanan sehingga dapat langsung dijemput,” ujar Bob.

Berdasarkan rundown event ACP, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2018. Dimulai Pukul 06.00 WIB pagi dengan empat tempat check point. Check point pertama di water station Tongaci, check point ke dua di Simpang Lumut, check point ke tiga water station di Sangku (Bangka Barat), dan check point ke empat merupakan garis finish di rumah dinas Walikota Pangkalpinang.

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ferdiyan Hermawan Loebis alias Bob juga menjelaskan bahwa rute yang dilalui tersebut akan melewati ikon pariwisata kebanggaan Pangkalpinang Jembatan Emas dengan Lintas Timurnya menuju Pantai Tongaci. Pantai Matras pun akan dilewati saat menuju Simpang Lumut, yang dilanjutkan ke arah Tempilang dan berakhir ke rumah dinas Walikota Pangkalpinang dengan jarak tempuh total 200 km. Namun untuk pemula, jarak yang ditempuh hanya 100 km.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Irwanto