Festival Sejuta Buku dan Literasi Bangka Belitung Tahun 2017 Resmi Dibuka

Pangkalpinang - Festival Sejuta Buku dan literasi Bangka Belitung 2017 yang mengangkat tema“ Berkebangsaan dengan Buku” yang diselenggarakan oleh Dinas kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berlangsung dari tanggal 27 November s/d 3 Desember 2017 resmi dibuka pada hari Senin (27/11/2017). Bertempat di Gedung Panti Wangka Pangkalpinang, festival tersebut dibuka oleh oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K.A.Tajuddin yang didampingi oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Marwan Muchtar.

Dalam sambutan gubernur, K.A.Tajuddin mengungkapkan apresiasi atas peyelenggaraan festival buku dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan minat baca masyarakat Bangka Belitung. “Pertama kegiatan semacan ini sangat kita - (pemerintah dan masyarakat)- apresiasi karena sangat besar manfaatnya. Semakin banyak membaca tentu banyak pegetahuan yang dapat diperoleh dan kualitas dari yang membaca tentu akan meningkat,” jelas Tajuddin.

Selain menyampaikan apresiasinya, dalam kesempatan tersebut K.A.Tajuddin juga menyampaikan arahan atas penyelenggaraan kegiatan festival buku pada tahun berikutnya supaya dapat lebih ditingkatkan. “Pesan gubernur agar dalam setiap kegiatan, dalam hal ini penyelenggaraan festival dan pameran buku pada tahun berikutnya dapat lebih ditingkatkan. Jika sekarang pameran melibatkan penerbit tingkat nasional, tahun depan diharapkan dapat melibatkan para penerbit buku internasional,” ungkap Tajuddin.

“Menurut Tajudddin bahwa komunitas literasi (penerbit buku internasional) sangat banyak, dan itu merupakan potensi yang dapat diundang pada acara tersebut. "Maka diharapkan mereka terlibat dalam kegiatan penyelenggaraan festival buku di Bangka Belitung," ungkap Tajuddin. 

Selain menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan, dalam sambutannya Tajuddin juga menyampaikan apresasinya kepada para penerbit buku tingkat lokal maupun nasional yang telah berpatisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan festival buku guna meningkatkan minat baca masyarakat.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Marwan Muchtar yang menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan pameran buku dimaksudkan guna mendorong budaya literasi masyarakat sekaligus membangun komunikasi antara dinas perpustakaan, penerbit, dan masyarakat luas.

“Tujuan penyelenggaraa pameran dan festival buku ini adalah mengenalkan dan mendekatkan buku kepada masyarakat sehingga meningkatkan budaya gemar membaca. Selain itu mengembangkan minat membaca masyarakat Bangka Belitung sehingga cinta perpustakaan, menyediakan saran informasi sekaligus membangun komunikasi antara perpustakaan, penerbit, masyarakat perbukuan dan masyarakat luas, serta sebagai media promosi dalam mendidik generasi muda," ungkap Marwan .

Marwan juga menyampaikan bahwa peserta pameran buku tahun 2017 diikuti oleh 150 penerbit buku baik penerbit buku tingkat nasional, penerbit dan penulis lokal Bangka Belitung, Perpustakaan Desa Bangka Tengah, Badan Perpustakaan dan Kearsipan dari Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka Barat.

Dalam kegiatan pameran buku yang berlangsung selama tujuh hari tersebut juga diisi oleh berbagai kegiatan diantaranya ngobrol asik bersama komunitas aksara muda, lomba esai sejarah pahlawan proklamator bersama Ahmad Elvian, perlombaan untuk anak seperti mewarnai, jumpa penulis dan kegiatan lainnya. Sementara itu, dalam acara pembukaan pameran tersebut juga diisi dengan kegiatan story telling oleh Zahra Azalia siswi SMP 1 Sungaliat  yang mendapatkan prestasi peringkat ke delapan tingkat nasional untuk lomba story telling dan persembahan tarian dari mahasiswa UBB sekaligus peninjauan stand buku.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani