FORUM ANAK SE-BANGKA BELITUNG BERPARTISIPASI DALAM WORLD CLEANUP DAY

PANGKALPINANG-- Ratusan anak yang tergabung dalam Forum Anak yang tersebar di 7 Kabupaten/Kota di Bangka Belitung ikut berpartisipasi memperingati World Cleanup Day yang diperingati setiap 21 September. 

World Cleanup Day ini merupakan kegiatan membersihkan lingkungan sekitar yang dilakukan serentak di 157 Negara salah satunya Indonesia dan tak ketinggalan Forum Anak Bangka Belitung ambil bagian dalam peringatan ini. 

Kabupaten Bangka bersama 20 komunitas dan 400 relawan diantaranya 108 adalah anak-anak yang tergabung di Forum Anak Kabupaten Bangka membersihkan kawasan tanjung berikat. 

Sementara di Kota Pangkalpinang kegiatan World Cleanup Day dilaksanakan di Taman Bukit Baru dengan melibatkan Forum Anak Pangkalpinang dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Pangkalpinang. 

Sedangkan di Kabupaten Belitung, sebanyak kurang lebih 40 anak dari Forum Anak Belitung pada hari yang sama berpartisipasi dengan membersihkan kawasan Tanjung Pendam. 

Di Kabupaten Bangka Tengah, kegiatan World Cleanup Day melibatkan Forum Anak Bangka Tengah dengan melakukan bersih-bersih di Desa Air Kelubi Lubuk Besar Bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Untuk Kabupaten Bangka Barat, kegiatan World CleanUp Day dilaksanakan 
bersama DP2KBPE3A Bangka Barat beserta Forum anak Sejiran Setason di Pantai dan Taman 
Bermain Batu Rakit.

Dan Kabupaten Bangka Selatan melakukan kegiatan World Cleanup Day bersama Forum Anak Bangka Selatan di Pantai Bom Pendek Toboali, serta Kabupaten Belitung Timur melibatkan Forum Anak Belitung Timur membersihkan kawasan pantai Olivier.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Lenny N. Rosalin mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten serta kepada Forum Anak Daerah yang telah ikut berpartisipasi dalam World Cleanup Day ini.

"Ini salah satu wujud peran Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) Perubahan Iklim karena tema World Cleanup Day kali ini adalah bijak plastik" ujar Lenny melalui pesan singkat di jejaring grup Forum Komunikasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. 

Kepala DP3ACSKB Susanti juga mengungkapkan hal senada, bahwa melalui momentum World Cleanup Day ini agar Forum Anak dapat memotivasi lingkungan sekitar untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan bijak menggunakan plastik.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisya Ayu