Gencar Laksanakan Kegiatan Internasional di Babel, Sekda Berikan Briefing Kepada ASN

Pangkalpinang – Provinsi Bangka Belitung yang sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai kegiatan yang bertaraf Internasional, sangat membutuhkan para Aparatur Sipil Negara yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Untuk itu, Sekretaris Daerah Yan Megawandi melakukan briefing kepada 20 orang ASN calon Guide dan Liaison Officer (LO) dari beberapa OPD di ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur, Kamis (11/10).

Disampaikan oleh Sekda Yan Megawandi, bahwa pemerintah provinsi mengharapkan peran serta dari para ASN ini tidak hanya sebagai penerjemah dan interpreter bagi para tamu-tamu asing saat kegiatan berlangsung, namun juga dapat memberikan informasi-informasi yang baik dalam berbagai bidang.

“Ini semua dilakukan untuk mendukung visi dan misi gubernur dan wakil gubernur. Contohnya Seperti untuk bidang pertanian yaitu dengan mengembalikan kejayaan lada Bangka Belitung. Kemudian para calon Guide dan LO ini dapat memberikan informasi terkait, seperti cara para penyuluh menyampaikan,” jelas Sekda.

Begitu juga untuk bidang-bidang lain yang disampaikan oleh Sekda yang mendapat perhatian, diantaranya Pariwisata, Pertanian, Kesehatan, Pendidikan, Penanaman Modal, dan Perikanan.

Mengingat pentingnya dalam menyampaikan informasi tersebut, para calon Guide dan LO ini harus paham dengan materi yang disampaikan. Untuk itu, para peserta yang hadir pun akan dikelompokan kebeberapa bidang yang sesuai dengan minatnya, agar dapat menguasai materi dengan baik saat berkomunikasi dengan para tamu-tamu asing.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo