GenPI Aktif Promosikan Wisata Bangka Belitung

PANGKALPINANG – Generasi Pesona Indonesia (GenPI) sudah sangat dikenal dalam dunia promosi pariwisata sebagai komunitas yang dibentuk Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI sebagai pengejawantahan program promosi wisata “go digital” yang sedang digiatkan Kemenpar dalam rangka pemasaran pariwisata Indonesia.

Sebagai salah satu provinsi yang aktif dalam dunia pariwisata, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga telah memiliki GenPI yang diketuai oleh Iman Taufik (25). Menurut keterangan Iman, Genpi Babel saat ini beranggota 60 orang yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saat ini GenPI Babel sudah beranggota 60 orang dan akan terus bertambah karena satu bulan ke depan kita ada program penambahan anggota dan followers,” kata Iman yang ditemui belum lama inidi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel.

Iman yang tercatat sebagai mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bangka Belitung ini menambahkan bahwa GenPI Babel telah dibentuk tahun lalu.

“GenPI Babel sendiri dibentuk tahun lalu, tepatnya 9 Desember 2017, bertepatan dengan kegiatan Babel 10K di Pan Semujur, Bangka Tengah. Saat itu anggotanya baru sekitar 12 orang,” tambahnya.

Menurut keterangan Iman, meski baru seumur jagung, GenPI Babel tergolong aktif mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Bangka Belitung.

“Berdasarkan pendataan dari postingan di medsos, GenPI Babel merupakan GenPI paling aktif ketiga di nasional, setelah Lombok dan Sumbawa,”

Sementara Arie Primajaya, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Babel berpendapat bahwa GenPI unsur yang ikut berperan mempromosikan pariwisata Bangka Belitung.

“Kita sangat terbantu sekali dengan adanya GenPI, apalagi mereka semua aktif di media sosial berkreasi dengan postingan potensi pariwisata Bangka Belitung. Sehingga membuat suatu penyebar luasan informasi pariwisata yang terpadu bagi daerah kita,” kata Arie.

Iman mengatakan siapa pun dapat bergabung dalam GenPI, syaratnya mudah tidak ada politik, SARA, atau hate speech. “Siapa pun itu boleh gabung, yang penting tidak mem-posting yang ada unsur SARA, politik, apalagi hate speech,” ujarnya.

Iman yang sudah menggeluti dunia sosial sejak lama ini menjelaskan bagi siapa saja yang tertarik dapat mendaftarkan diri melalui online.

“Bagi siapa saja yang memiliki jiwa sosial, senang jalan-jalan, kuliner, suka foto-foto, apalagi aktif di media sosial, dan ingin gabung di GenPI gampang banget, daftar langsung secara online di www.genpi.co. Intinya GenPI mempromosikan pariwisata,” jelas Iman.

Iman menyampaikan aktivitas utama GenPI tidak hanya secara online tapi juga offline.

“Secara online atau digital GenPI suatu daerah membuat postingan-postingan di berbagai jenis medsos untuk mempromosikan potensi pariwisata yang akan diorkestrasi secara nasional. Kalau offline GenPI juga menjalankan program strategis dan event-event pariwisata,” ucapnya.

Iman berharap dengan adanya GenPI Babel dapat membantu pemerintah dalam mempromosikan dan memajukan pariwisata Bangka Belitung serta menjaga eksistensinya dalam kancah pariwisata nasional hingga internasional.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Irwanto
Editor: 
Irwanto