Genpi, Bagian Penting Dalam Pemasaran Pariwisata

Pangkalpinang – Generasi Pesona Indonesia yang disingkat dengan Genpi adalah komunitas yang memiliki peran mempromosikan pariwisata Indonesia, tanpa terkecuali Genpi Bangka Belitung. Dengan demikian, Genpi merupakan bagian penting dalam pemasaran pariwisata Indonesia.

Rivai, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Bangka) mengatakan bahwa Genpi Bangka Belitung memberikan kontribusi dengan membantu pemerintah mempromosikan pariwisata.

“Pastinya kita selaku pemerintah akan sangat terbantu dengan kehadiran Genpi. Rata-rata tipikal anggota kreatif dan cerdas, ditambah suka jalan-jalan dan berwisata, akan sangat mendukung promosi pariwisata kita,” kata Rivai saat ditemui usai pembukaan Sosialisasi dan Pelatihan Dasar Pemahaman Kepariwisataan, di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Rabu (1/8/2018).

Dalam sosialisasi yang melibatkan lebih kurang 200 orang pelajar dan mahasiswa di Pangkalpinang ini, Genpi Bangka Belitung ambil bagian sebagai narasumber bersama Ang Tek Khun, Tim Konten Online Genpi Nasional.

Iman Taufik, Ketua Genpi Bangka Belitung mengatakan bahwa Genpi Bangka Belitung sudah memiliki dua koordinator daerah (Korda), yakni Korda Bangka dan Korda Belitung.

“Alhamdulillah, saat ini kita sudah memiliki Koordinator Daerah untuk Bangka dan Belitung. Supaya upaya promosi pariwisata daerah kita lebih terpadu dan terintegrasi lagi,” kata Iman yang ditemui saat makan siang.

Iman menjelaskan, secara digital potensi pariwisata Bangka Belitung dipromosikan melalui akun media sosial yang memiliki daya tarik luar biasa bagi netizen atau wisatawan.

“Zaman sekarang, apa-apa serba digital. Kita juga go digital. Jadi kita juga melakukan promosi pariwisata secara digital, salah satunya melalui media sosial seperti Instagram yang memberikan daya tarik luar biasa,” jelas Iman.

Iman juga mengatakan bahwa saat ini tidak hanya Genpi, tapi juga Genwi yang go international.

“Saat ini Kementerian Pariwisata RI bukan hanya punya Genpi atau Generasi Pesona Indonesia, tapi juga sudah ada Genwi atau singkatan dari Generasi Wonderful Indonesia yang dibentuk  pekan lalu, di National Research University Higher School of Economic, Moskow, Rusia,” katanya.

Sementara Genpi sendiri memiliki daya tarik bagi para generasi muda yang memiliki passion dalam pariwisata.

“Sebagai komunitas yang memiliki fokus mempromosikan pariwisata, tentu Genpi menjadi suatu daya tarik bagi generasi muda yang memiliki passion di bidang pariwisata, agar dapat berkontribusi bagi daerah, sesuai dengan keahlian masing-masing,” ujar Iman.

Disamping itu, Iman juga mengajak para peserta untuk mengunjungi akun Instagram Genpi Bangka Belitung dan bergabung dengan Genpi Babel.

“Coba lihat Instagram kita. Walau pun baru, tapi sudah lumayan banyak followers-nya. Melalui postingan-postingan di Instagram juga kita mempromosikan potensi pariwisata Bangka Belitung. Siapa saja bisa bergabung di Genpi, tingga daftar online di www.genpi.co,” ajaknya.

Sementara Ang Tek Khun mengatakan bahwa untuk menarik wisatawan dapat dilakukan dengan story telling.

“Kalau mau mem-post foto, caption-nya dibuat semenarik mungkin, seperti kita bercerita tapi bukan seperti Wikipedia. Ceritanya juga bisa dibuat lebih personal, berdasarkan pengalaman sendiri,” kata Ang.

Sumber: 
Disbudpar
Penulis: 
Ernawati Humas Disbudpar
Fotografer: 
Rafiq Elzan