GERAKAN TANAM BERSAMA PRUKADES SEBAGAI WUJUD DUKUNGAN PADA SEKTOR PERTANIAN

Pulau Besar, Bangka Selatan – Kepala Dinas Pangan, Damiri, menghadiri Gerakan Tanam Bersama Prukades di Desa Batu Betumpang Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan Rabu (4/12/2019). Gerakan tanam bersama ini dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Bangka Belitung, Erzaldi, yang secara simbolis ikut menanam padi di lahan seluas 707,5 hektar Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Transmigrasi Batu Betumpang. 

Tujuan penanaman ini tidak lain untuk pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) dalam memberikan motivasi kepada Gabungan Kelompok Tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan. Penanaman padi menggunakan alat mesin pertanian berupa traktor mini dua roda yang telah dirancang khusus untuk menanam padi sehingga menjadii lebih efektif. Kegiatan ini mendapat dukungan dari banyak pihak diantaranya BUMN yakni PT Timah dan BNI, pemerintah daerah serta kementerian pertanian.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Desa PDTT, Dirjen PKTrans, PKP2Trans, Dirjen PKP, Staf Ahli Gubernur, Protokol Menteri Desa, Direktur PUT, Kapus PSEKP, Kementan Direktur Air Irigasi, Kementan Kapuslitbangtan, Dirut PT Timah, BNI, Kakanwil Bulog Sumsel Babel, PUPR Direktur Air, Kemenristek Dikti, Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kadis Pertanian Provinsi, Kadis Pangan Provinsi, Kadis Nakertrans Provinsi, Kadis PMD, Danrem, Kapolda, Bupati Bangka Selatan, pejabat Provinsi maupun Kabupaten.

Dalam sambutannya, Erzaldi mengungkapkan alasan ketidakhadiran tiga menteri di acara ini dikarenakan undangan bapak Presiden kepada semua menteri untuk hadir dalam rapat terbatas pada pukul delapan malam. Erzaldi juga menyampaikan salam dari bapak menteri kepada semua dan berharap akan datang lagi di Bangka Selatan berbarengan dengan Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, bertempat SMKN I Pertanian Pulau Besar, Erzaldi membuka tanya jawab dengan seluruh Gapoktan yang hadir sebagai wujud motivasi pemerintah di bidang pertanian. Hasilnya, realisasi pinjaman KUR. Kepala Cabang BNI Pangkalpinang menjanjikan kesiapan kucuran dana KUR untuk wilayah Bangka Belitung sebesar 53 milyar dan 43%-nya diperuntukkan bagi petani.

Kemudian ada juga program asuransi padi menggunakan APBD, ada sekitar 3000 hektar yang sudah didebitkan. Di wilayah Bangka Selatan ada sekitar 250 hektar, dan untuk Rias yang mengalami gagal panen, sekarang sedang dalam proses. Tidak lupa Gubernur memberikan nomor Kepala Cabang BNI Pangkalpinang yang bisa dihubungi, sehingga memudahkan petani dalam memproses pinjaman KUR dan asuransi. 

“Tolong diingatkan bahwa KUR ini untuk di investasikan yaa bukan untuk dibelikan motor,” imbuh Erzaldi kepada calon penerima dana KUR yang disambut tawa tamu yang hadir.
“InsyaAllah hujan ini membawa berkah, dan petani di Bangka Selatan betul-betul memberikan lumbung beras yang berlimpah untuk masyarakat Bangka Belitung,” lanjut Erzaldi saat menutup acara.

Sumber: 
Dinas Pangan Babel
Penulis: 
Dini