Gubernur Ajak Masyarakat Untuk Jaga Kebersihan Dan Kesehatan

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dalam kegiatan Germas (Gerakan Sehat Masyarakat). Hal tersebut disampaikan Gubernur kepada masyarakat saat menghadiri Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV & Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (06/09/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan pentingnya menggunakan BPJS dalam membantu masyarakat di bidang kesehatan. Pasalnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa dengan BPJS masyarakat dapat memeriksa kesehatan secara gratis.

“Banyak dari masyarakat yang belum tahu bahwa BPJS sudah menggratiskan bagi para perempuan/wanita untuk pemeriksaan IVA,” ucap Gubernur.

IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), yang merupakan salah satu pemeriksaan atau deteksi dini adanya kelainan pada serviks (leher rahim) merupakan upaya untuk mengetahui tanda awal adanya kanker pada leher rahim. Dalam dunia medis, masyarakat mengenalnya sebagai kanker serviks.

Selain  IVA, Gubernur juga menyinggung mengenai kesehatan jiwa. Pasalnya Gubernur merasa agak miris dengan perilaku anak-anak yang tidak sesuai dengan usianya. Gubernur berasumsi bahwa ini akibat pengaruh dari konten-konten yang tidak seharusnya dicerna oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Untuk itu, Gubernur menghimbau kepada masyarakat supaya keluarga dapat menjadi tameng bagi kesehatan generasi muda. Dimulai dengan lebih banyak memiliki waktu bersama dengan keluarga daripada menghabiskan waktu dengan media televisi maupun gadget untuk berinteraksi di dunia media sosial.

“Jam 6 sore hingga jam 8 malam sebaiknya tidak menonton televisi. Lebih baik beribadah kemudian makan malam bersama keluarga, saat waktunya Isya baru belajar atau tidur,” pesan Gubernur.

Gubernur memberi perhatian khusus terhadap gerakan hidup sehat dan berharap masyarakat turut bergerak dan mendukung, karena hidup sehat merupakan tanggung jawab bersama.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo