Gubernur Ajak Siswa Bermedsos dengan Sehat

Media sosial sebagai produk teknologi informasi harus memberikan manfaat positif dalam menunjang aktivitas keseharian. 

MUNTOK--Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengajak siswa untuk dapat menggunakan medsos secara bijak dan sehat dan mampu memanfaatkan medsos dalam kegiatan pembelajaran.

"Bagi yang memiliki gawai atau handphone agar bisa menanfaat gawai dengan baik. Gunakan gawai misalnya untuk mencari sumber informasi dan pengetahuan dalam menunjang kegiatan belajar. Selain saya juga meminta agar menggunakan medsos secara sehat dengan tidak menyebarkan informasi hoax dan hal-hal yang berpotensi sebagai ujaran kebencian," kata Gubernur saat berdialog dengan siswa SMAN 1 Mentok, dalam kegiatan Natak Kampung, Kamis (11/10/2018).

Dikatakannya, bermedsos dengan baik itu juga terkait dengan bagaimana memahani informasi yang diterima melalui medsos itu benar atau hoax. Untuk itu ketika mendapat informasi melalui medsos jangan langsung di-share,  tapi telaah dan kaji informasi itu atau lakukan krosschek. 

"Tabayun atau konfirmasi,  cek  informasi itu, jangan langsung di-share ke grup WA. Sebab jika informasi itu bohong, maka kita turut menyebarkan kebohongan. Jika itu informasi bohong maka banyak yang dirugikan," kata  Erzaldi. 

Dalam kesempatan tersebut Erzaldi juga memberikan motivasi kepada siswa agar terus belajar dan berusaha. Sekolah katanya adalah salah satu jalan untuk meraih kesuksesan. 

"Jadi sekolah itu penting dan teruslah belajar agar bisa menggapai masa depan yang gemilang. Jangan menjadi pribadi yang lemah dan cengeng dalam menghadapi masalah. Hadapi masalah yang menimpa dengan tegar dan tawakal.  Sebab jika kita lemah, maka kita akan terlindas dan jika lambat, maka akan tertinggal," ujarnya.

Sementara untuk cita-cita atau pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi saran Gubernur agar siswa tidak terpokus pada satu pilihan dan harus lebih dari satu. "Kalau memilih jadi posisi, maka pilihan kedua dan ketiga misalnya jadi pengusaha dan pengajar. Harus ada pilihan lain," ujarnya.

Ia juga mengajak siswa untuk belajar berwirausaha sejak dini agar bisa bisa dan mudah mengembangkan usaha di masa depan.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mamaq
Fotografer: 
Huzari