Gubernur Akan Percepat Penyusunan Perda Zonasi

BELITUNG TIMUR - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mempercepat penyusunan Peraturan Daerah Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil untuk memperlancar perizinan dan investasi di daerah. Selain itu Perda Zonasi juga menjadi ukuran keberhasilan daerah karena dapat memetakan wilayah sesuai dengan peruntukannya. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat acara malam resepsi Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ke-17 di Gedung Auditorium Zahari MZ Kabupaten Belitung Timur pada Kamis (23/11/2017) malam.

"Perda Zonasi ini adalah pangkal untuk sukses, untuk itu perlu ditata dan diatur untuk arah pembangunan yang akan datang. Penyusunan perda ini perlu segera diselesaikan karena pembahasannya sudah berjalan 5 (lima) tahun. Untuk itu saya memberanikan diri  untuk mentargetkan agar Perda Zonasi dapat diselesaikan pada April 2018," ungkap Gubernur.

Dalam membangun, Gubernur mengakui bahwa infrastruktur memerlukan pendanaan yang lebih besar, namun pembangunan  spiritual manusia Bangka Belitung juga diperlukan untuk membentuk karakter masyarakat yang penuh semangat. Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan pembangunan tersebut, diperlukan inovasi dan kreativitas serta memiliki strategi pembangunan yang terarah. Di sisi lain bagaimana upaya untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar pembangunan infrastruktur dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

"Saya berharap agar seluruh stakeholder terkait dapat ikut membantu pembangunan Bangka Belitung seperti berinvestasi hotel, membangun dermaga, dan memberikan beasiswa pendidikan. Membangun manusia lebih penting karena dalam mengelola sumber daya alam harus didukung Sumber Daya Manusia (SDM ) yang berkualitas. Dengan tersedianya SDM yang unggul dan berkualitas saya yakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi provinsi teladan dan terdepan," kata Gubernur.

Untuk itu Gubernur berharap agar seluruh masyarakat dapat bersama-sama membangun Bangka Belitung karena tujuan dari pembentukan Provinsi Bangka Belitung ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat. "Mari kita satukan langkah untuk membangun Bangka Belitung. Disini kita berkumpul untuk bersama saling memberikan solusi dan masukan sekaligus evalusi untuk menentukan masa depan Bangka Belitung yang kita cintai," harap Gubernur.

Selain itu Gubernur juga menyampaikan agar masyarakat jangan mudah terprovokasi atas isu negatif yang dapat menyebabkan benih perpecahan antar Pulau Bangka dan Belitung.

"Saya menyampaikan bahwa kebijakan konektivitas antara Pulau Bangka dan Belitung tidak perlu dipermasalahkan. Mari kita bangun negeri ini dengan kekompakan. Sesuai dengan karakter negeri rumpun melayu, kita kedepankan kesantunan dalam menyampaikan aspirasi dan tidak perlu saling menjelekkan satu sama lain," ujar Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Adi Tri