Gubernur Apresiasi Kemandirian Masyarakat Membangun Kesehatan

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi peran masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto saat mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung membuka launching Apotek dan Praktik Dokter Bersama “Ahmad Dahlan” di Jalan Ahmad Yani Kota Pangkalpinang.

“Pemerintah memang sudah memberikan perhatian besar dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Namun kemandirian masyarakat dalam menyediakan obat-obatan dan pelayanan kesehatan sangat berperan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” papar Mulyono pada Minggu (11/2).

Menurut Mulyono, seluruh jajaran kesehatan pemerintah, swasta, dan masyarakat, baik manajemen maupun pelayanan, harus terus-menerus meningkatkan komitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. “Setiap orang yang sakit harus diberikan pelayanan kesehatan berupa pengobatan dan diobati hingga sembuh. Banyaknya fasilitas kesehatan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Mulyono mengakui memang masih dijumpai berbagai masalah kesehatan utama. “Terdapat identifikasi derajat kesehatan yang rendah dan status gizi masyarakat yang masih memprihatinkan. Kita lihat kasus gizi buruk, stunting/kerdil dan juga Kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) difteri baru-baru ini.

Oleh karena itu, lanjut Mulyono, fasilitas kesehatan yang dimotori oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini diharapkan dapat membantu percepatan pencapaian pembangunan sektor kesehatan.

“Upaya kesehatan preventif, promotif, pengobatan, dan rehabilitative digiatkan dan dikembangkan di setiap fasilitas kesehatan. Kerjasama lintas sektoral dan program perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk pencapaian cakupan indikator kesehatan secara optimal. untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal,” harap Mulyono.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adinda (Pranata Humas Dinkes Babel)
Fotografer: 
Adinda
Editor: 
Irwanto