Gubernur Babel : Masyarakat Jaga Situasi Kondusif, Siapapun Jadi Pemenang Jangan Terlalu Euforia

Belitung – Masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta agar tidak terlalu euforia melihat hasil penghitungan sementara perolehan suara pilkada. Kendati sudah mendapatkan gambaran perolehan suara, sebaiknya tetap menunggu hasil pleno pihak KPUD. Pasalnya hal ini dapat berdampak terhadap kondisi keamanan yang sudah kondusif.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus tetap menjaga situasi agar tetap kondusif. Siapapun keluar menjadi pemenang, jangan terlalu euforia. Sebab ada tahapan-tahapan dalam pelaksanaan pilkada ini. Hendaknya masyarakat menunggu hasil final secara resmi.

“Tunggu hasil resmi siapa yang akan memimpin Bangka Belitung ke depan. Mudah-mudahan apa yang dilakukan sekarang mendapatkan kebahagiaan dan kebaikan bagi pengembangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Gubernur usai menggunakan hak suara di TPS 2, Kelurahan Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan, Rabu (15/2/2017).  

Gubernur datang ke TPS bersama istrinya Leni dan anaknya Reva Vergano. Rencananya usai menggunakan hak suara dan melakukan pemantuan di Pulau Belitung. Selanjutnya sekitar pukul 13.00 WIB, Gubernur bertolak ke Bangka untuk memantau pelaksanaan kegiatan pemungutan suara di lima kabupaten/kota di pulau tersebut.

Pantauan babelprov.go.id, sekitar pukul 08.00 WIB masyarakat sudah mulai berdatangan ke TPS untuk menggunakan hak suara. Gubernur pun tak ingin terlambat mengunakan hak suara, pasalnya sekitar pukul 08.25 WIB rombongan telah tiba di TPS. “Pesta telah dilaksanakan, tinggal menunggu hasilnya,” tegas Gubernur.

Sementara Soni Kurniawan Ketua KPU Kabupaten Belitung sangat mengapresiasi tindakan Gubernur datang cepat ke TPS untuk menggunakan hak suara. Diharapkan kedatangan ini Gubernur dapat memotivasi masyarakat. Sebab KPU Kabupaten Belitung sangat menginginkan pelaksanaan pemungutan suara berjalan secara maksimal.

“Kita harap masyarakat tercatat di DPT dapat menggunakan hak suaranya. Komisioner KPU dibagi tugas melakukan pemantauan di 351 TPS hingga ke daerah pulau-pulau. Sementara ini, kekhawatiran kita hanya pada masalah cuaca. Sedangkan mengenai kebutuhan logistik pilkada bagi TPS sudah terpenuhi,” jelasnya. 

149 Warga Mencoblos

Tercatat sebanyak 250 warga masuk daftar pemilih tetap di TPS 2, Paal Satu, Kecamatan Tanjungpandan. Adapun rinciannya, 127 pemilih perempuan dan 123 laki-laki. Hingga proses pemungutan suara ditutup sekitar pukul 13.00 WIB, terdapat 149 warga menggunakan hak suara di TPS tersebut. Setelah dilakukan penghitungan, sedikitnya terdapat delapan surat suara dinyatakan tidak sah. 

Perolehan suara terbanyak di TPS ini diraih pasangan calon Rustam Effendi-Irwansyah dengan jumlah 67 suara. Selanjutnya disusul pasangan Yusron-Yusroni setelah berhasil mengumpulkan  46 suara. Sedangkan posisi ketiga dan empat diisi pasangan Erzaldi Rosman-Abdul Fatah, kemudian Hidayat Arsani-Sukirman dengan masing-masing memperoleh 16 serta 12 suara.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
R1
Fotografer: 
Rizky Fitrajaya
Editor: 
Noviansyah