Gubernur Babel Pimpin Langsung Rakor Dengan Bupati/ Walikota, 10 Kesepakatan Ditandatangani Bersama

SUNGAILIAT, Rapat Koordinasi Gubernur dengan Bupati/ Walikota Se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan di Tanjung Pesona Hotel, Sungailiat Kabupaten Bangka, Jumat (20/10/2017) dihadiri oleh 6 (enam) Bupati dan Walikota tanpa diwakilkan.

Rakor yang mengusung tema "One Vission, One Mission, For Growth And Prosperity Of Bangka Belitung" ini, hari Kamis (9/10/2017) kemarin telah menyepakati beberapa hal konkret oleh tim teknis pada forum yang sama. Setidaknya ada 6 (enam) hal yang disepakati, diantaranya Penguatan Peran BUMDes, Penguatan Peran Koperasi dan UMKM, Pengembangan pertanian lada dan peternakan sapi, Implementasi sistem resi gudang untuk komoditas lada, Percepatan penyusunan Perda RZWP3K dan Pengembangan Kepariwisataan. 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam sambutan pembukaan Rakor mengapresiasi tinggi atas kehadiran langsung seluruh Bupati dan Walikota di Babel. Sebab selain wadah bersilahturahmi, tentunya untuk sharing informasi, berkoordinasi dan bekerjasama dalam rangka mensinergikan berbagai program dan kegiatan dari Provinsi, Kabupaten/ Kota hingga ke tingkat Desa.

"Saya yakin forum ini sangat memberikan manfaat baik urusan Pemerintah maupun seluruh masyarakat Babel." Ungkapnya.

Gubernur juga menyampaikan harapannya agar potensi-potensi di wilayah daratan maupun lautan agar termanfaatkan dan terkelola secara maksimal untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bersama. 

"Saya percaya, forum ini akan menghasilkan kesepakatan-kesepakatan bersama dan mampu berkolaborasi atas potensi yang dimiliki masing-masing wilayah." Tambahnya.

Dalam Rakor yang dipimpin langsung oleh Gubernur Babel ini, beberapa hal yang disepati oleh Tim teknis pada hari sebelumnya kembali didiskusikan hingga menghasilkan 10 (sepuluh) Kesepatan antara Gubernur dan Bupati/ Walikota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kesepakatan ini diantaranya;

  1. Peningkatan kualitas BUMDes dalam mengembangkan potensi unggulan Desa
  2. Percepatan penyusunan Perda RZWP3K, untuk mendukung penyusunan Dokumen RZWP3K
  3. Membentuk koperasi primer komoditas lada dengan cabang disetiap Kabupaten/ Kota
  4. Pembentukan PT. Jamkrida Bangka Belitung sebagai Perusahaan Daerah
  5. Pengembangan program integrasi sapi dan sawit
  6. Persiapan Bangka Belitung sebagai tuan rumah pertemuan Kotak Tani Nasional
  7. Program bantuan Desa berbentuk bibit lada dan sapi 
  8. Even-even Pariwisata di Babel agar menjadi Even Pariwisata Nasional
  9. Pengembangan resi gudang untuk stabilisasi harga lada
  10. Kesepakatan secara konkret dan terinci dilampirkan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kesepatan yang telah dibuat

Kesepuluh Kesepakatan ini ditandatangani oleh Gubernur serta Bupati dan Walikota Se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung usai ketok palu. Dalam kesempatan yang sama ditandatangani juga Nota Kepakatan lain seperti: 

  1. MoU Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Babel, tentang Optimalisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Kredit Program dan Pertukaran Data, Peraturan serta Informasi lainnya Dalam Rangka Pengelolaan Keuangan Negara/ Daerah
  2. MoU Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Bupati dan Walikota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tentang Pembangunan Daerah
  3. Pembentukan Kerjasama antara Kabupaten dan Kota dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama, tentang Badan Penasehat/ Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan
  4. MoU Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Kota Pangkalpinang, tentang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional

Selain itu, usai menyepakati beberapa hal tersebut,  diberikan juga penghargaan atas opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari LKPD Tahun 2016 oleh Gubernur kepada Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Barat.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp/adit