Gubernur Babel Resmi Dilantik

Pangkal Pinang (23/09) - Bertempat di Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H. Rustam Effendi, B.Sc resmi menjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sisa masa Jabatan 2012-2017 dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Babel Didid Srigusjaya.

Pelantikan ini telah melalui proses konstitusi, diawali dengan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada hari Senin 26 Agustus 2013 dengan Acara Pengambilan Keputusan tentang Usul Pemberhentian Almarhum Eko Maulana Ali sebagai Gubernur Babel masa jabatan 2012-2017. Dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Pemberhentian H. Rustam Effendi, Bsc sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan Usul Pengangkatan H. Rustam Effendi, B.Sc sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sisa masa jabatan 2012-2017.

Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan berdasarkan Ketentuan Pasal 29 Ayat (1) Ayat (3) Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah serta Ketentuan Pasal 123 Ayat (1) dan Ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Keputusan DPRD tersebut kemudian disampaikan Kepada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri untuk diproses lebih lanjut. Hal ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan Pasal 42 ayat (1) Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatakan bahwa salah satu tugas dan wewenang DPRD Provinsi adalah mengusulkan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan/atau wakil Kepala Daerah Kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Hal ini diatur juga dalam ketentuan Pasal 293 Ayat (1) Huruf D Undang-undang Nomor 27 Tahun 2009 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD dan Ketentuan Pasal 3 Huruf d Peraturan Pemerintah nomor 16 Tahun 2010 Juncto Pasal 3 Huruf D Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bangka Belitung.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 112/P Tahun 2013 tanggal 22 September 2013 menjadi dasar Pelantikan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sisa masa jabatan 2012-2017.

Pada awal sambutan, Gamawan Fauzi menyempatkan mengajak para undangan untuk mendoakan Almarhum Eko Maulana Ali. "Mari kita berdoa semoga bagi almahrum Eko Mualana Ali, semoga seluruh amal perbuatan, pengadian beliau diterima di sisi Tuhan," ajak Gamawan Fauzi.

 “Rencana Pembangunan Jangka Menengan (RPJM) yang ditetapkan Pasangan Eko Maulana Ali dan Rustam Effendi dan telah dilaksanakan selama setahun ini agar bisa dilaksanakan secara konsisten selama sisa masa jabatan Gubernur yang sekarang” pesan Gamawan. Selain itu juga Gamawan Fauzi meminta kepada Gubernur dan DPRD, agar segera mengisi posisi Wakil Gubernur yang kosong.

“Kepada Gubernur yang baru dilantik, kiranya bersama-sama dengan Bupati dan Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat bersinergi, berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik dan konstruktif dalam rangka meselaraskan program pembangunan dan kebijakan pemerintahan” tambah Didid Srigusjaya

Hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Hj. Vita Nova Gamawan Fauzi, anggota DPRD Provinsi Babel, Anggota DPD dan DPR RI Dapil Provinsi Babel, Sekda Provinsi Babel Imam Mardi Nugroho, Istri almarhum Eko Maulana Ali Noerhari Astuti, FKPD, Pejabat Eselon di lingkungan Provinsi Babel dan tamu undangan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Rizky