Gubernur Bahas Destinasi Wisata Sejarah Baru di Bangka Barat

PANGKALPINANG-- – Kabupaten Bangka Barat yang digaungkan sebagai tujuan wisata sejarah Provinsi Bangka Belitung terus disiapkan. Terakhir pada Senin (12/2)  dilakukan audiensi dengan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman untuk pembangunan tugu peringatan di Teluk Inggris dan Pelabuhan Lama Muntok. Pembangunan tugu tersebut dapat menjadi destinasi wisata baru di kawasan Bangka Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Tuti Efriani sebagai penyampai komunikasi antara Australia dan pemerintah lokal, dimana audiensi tersebut dilaksanakan di ruang Pantai Tanjung Pendam Kantor Gubernur  babel.

Tuti menyampaikan permohonan izin Michael Noyce kepada Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengenai restorasi daerah pelabuhan lama dan juga pendirian perpustakaan pusat sejarah untuk anak-anak di Bangka Barat. Hal ini didasarkan sebagai bentuk apresiasi dan pembelajaran dalam mengingat kejadian tahun 1940-an di masa perang dunia.

Lebih jauh, ia mengatakan  pusat sejarah dan budaya yang akan dibangun ini bukan untuk memperingati masa-masa kelam yang pernah dilalui oleh bangsa tapi memori yang kurang baik itu dibangun untuk hal-hal positif bagi generasi yang mendatang.

“Mereka ingin anak-anak tersebut mengenal sejarah.  Selain itu pembangunan memorial ini bukanlah untuk membangun rasa dendam namun membangung rasa perdamaian,” ungkapnya.

Ia pun menyampaikan, dalam audiensi tersebut tanggapan Gubernur Erzaldi Rosman sangat baik. “Akhirnya setelah dua tahun kami mencoba melakukan audiensi dengan pemerintah lokal, baru kali ini mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari Pak Gubernur. Gubernur  juga mengatakan mendukung wisata sejarah ini,” ujarnya.

Tujuan destinasi wisata baru ini akan menarik wisatawan. Seiring datangnya wisatawan ke Bangka Barat maka akan berdampak kepada perekonomian. Diharapkan interaksi masyarakat lokal dengan orang-orang luar akan membuat masyarakat menjadi lebih berpikiran terbuka.

“Saya harap kedatangan orang-orang dari luar akan memberikan dampak positif dalam perekonomian masyarakat, seperti menjual hasil kerajinan dan penginapan juga menjadi penuh di bidang wisata ini,” harap Tuti.

Sebagai informasi tambahan, Tuti menyebutkan bahwa Michael Noyce ini merupakan saudara dari Phillip Noyce, seorang sutradara dari film SALT yang dibintangi Angelina Jolie.

“Tidak menutup kemungkinan akan dibuat film mengenai ini,” tutup Tuti.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Irwanto