Gubernur : Bangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru

Pangkalpinang – Upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2017 dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, pada hari Senin (27/11/2017). Pada acara tersebut juga memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Persatuan Guru Republik Indonesia. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bertindak selaku Pembina Upacara, dan tampak seluruh Kepala Sekolah dari 7 kabupaten dan kota memeriahkan acara.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Erzaldi menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan Republik Indonesia dengan tema “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru” sesuai dengan Peraturan Presiden No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Peraturan Presiden tersebut mengamanatkan bahwa guru sebagai salah satu sosok utama dalam pembentukan karakter.

“Guru memiliki tanggung jawab membentuk karakter peserta didik. Melalui harmonisasi, olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga,” ujar Gubernur.

Selain itu, guru dan tenaga kependidikan harus mampu mengolah kerja sama antara keluarga, dan masyarakat dalam menggerakkan revolusi mental di Indonesia. Dimana dimasa depan tantangan yang dihadapi oleh generasi bangsa Indonesia yang akan datang akan menjadi semakin berat. Untuk itu perlu para generasi muda perlu dibekali oleh pendidikan yang mumpuni.

“Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas Indonesia tahun 2045 yang harus memiliki bekal jiwa pancasila yang baik guna menghadapi dinamika perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga,” ucap Gubernur.

Maka dari itu pemerintah memberikan dukungan penuh kepada para guru untuk menghasilkan generasi cerdas yang berakhlak mulia. “Untuk itu guru perlu mendapat peran significant order, dan menjadi sumber keteladanan,” ungkap Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur menyampaikan bahwa momentum Hari Guru Nasional dapat dijadikan sebagai refleksi profesionalisme dan teladan para guru bagi para peserta didik. Tidak lupa juga Gubernur mengapresiasi kepada para guru yang telah membentuk peserta didik menjadi pribadi yang tangguh dan berhasil.

Lebih jauh, Gubernur juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Guru menjadi titik evaluasi bagi pemerintah dalam mengatasi permasalahan guru yang belum teratasi seperti kesejahteraan para guru dan juga sertifikasi guru yang menjadi perhatian pemerintah.

“Pemberian tunjangan bagi profesi guru yang telah bersertifikasi serta tunjangan khusus bagi guru yang mengabdi didaerah khusus akan menjadi perhatian,” ujar Gubernur.

Gubernur juga berharap pendidikan di Indonesia ini akan semakin merata melalui tangan para guru yang memiliki tugas yang sangat mulia bagi pembangunan pendidikan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo