Gubernur Berikan Bantuan Pendidikan Kepada 54 Hafiz Alquran

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman memberikan beasiswa kepada para Hafiz Alquran, bertempat di Masjid Al-Kamal Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (19/12/2017).

Bantuan beasiswa tersebut merupakan bantuan pendidikan program Tahfiz Tahun 2007. Gubernur berharap pemberian beasiswa ini dapat meningkatkan semangat belajar dan semakin meningkatkan rasa kecintaan kepada Al-qur'an.

"Para orang tua harus terus mendorong dan memberikan semangat kepada anak-anak agar dapat menjadi Hafiz Al-quran. Kita berharap dengan semakin banyaknya hafiz dan hafizah di Babel, negeri kita semakin barokah," harap Gubernur.

Gubernur juga berharap agar kebijakan-kebijakan seperti ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dalam hal ini khususnya umat Islam. Melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bantuan Pendidikan Program Tahfiz ini diberikan kepada 54 orang Hafiz Alquran di Babel. 

Menurut M. Soleh, Kadis Pendidikan Babel, 54 (lima puluh empat) orang penerima beasiswa ini merupakan para pelajar dan mahasiswa, yang terdiri atas 18 siswa SD,17 siswa SMP, 14 siswa SMA, 4 mahasiswa S1 dan 1 mahasiswa S2.

"Sebanyak 4 (empat) orang diantaranya adalah penerima penghargaan atas prestasi MTQ Tingkat Nasional dan Internasional," ungkap M. Soleh saat diwawancarai usai penyerahan bantuan pendidikan tersebut.

Menurutnya, nominal bantuan pendidikan yang diberikan kepada setiap anak berbeda-beda diatur sesuai jenjang pendidikan dan tingkatan juz hafalannya. "Anggaran yang disiapkan untuk bantuan pendidikan ini mendekati Rp. 600 juta," ungkap M. Soleh.

Lebih lanjut dikatakan oleh Kadis Pendidikan Babel ini, bahwa program ini merupakan tahun pertama diadakan di Babel khusus untuk Tahfiz Alquran dalam kepemimpinan Bapak Gubernur Erzaldi.

"Insyaallah tahun 2018 mendatang akan ditambahkan lagi, mengingat banyaknya anak-anak Tahfiz Alquran Di Babel dan Bapak Gubernur ingin prestasi ini diapresiasi. Bahkan pada tahun 2018 Bapak Gubernur akan memberikan bantuan pendidikan hingga selesai bagi Hafiz 30 Juz yang sedang menempuh pendidikan S1," jelas M. Soleh.

Dalam pendistribusian Bantuan Pendidikan bagi Tahfiz Tahun 2017, Dinas Pendidikan melakukan tahapan seleksi. Dan pada saat dibuka pengumuman, setidaknya 180 Hafiz mendaftarkan diri. "Ini baru anak-anak yang mendaftar, kemungkinan masih banyak Tahfiz yang tidak mendaftarkan diri tahun ini. Insh Allah tahun depan (2018) akan lebih banyak lagi (yang mengikuti seleksi)," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp