Gubernur Berpesan untuk Meningkatkan Kuantitas dan Perbaiki Kualitas Lada

Desa Nangka – Pada agenda safari Ramadan hari Rabu (23/5/2018) di Masjid Raudhatul Jannah Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, Gubernur Erzaldi bertemu dan menyapa masyarakat sekaligus menyampaikan beberapa hal mengenai komoditas lada.

Dalam sambutannya tersebut, Gubernur menyinggung mengenai peningkatan hasil lada agar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi pusat pengembangan lada nasional, dan Kecamatan Air Gegas ditetapkan oleh provinsi sebagai lumbung lada.

“Provinsi telah menetapkan Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selanat sebagai lumbung lada. Oleh karena itu kita semua harus siap dan memiliki rencana yang baik dalam mengembangkan lada. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah membuat perencanaan tersebut, tinggal disinkronisasikan dengan kecamatan dan kabupaten,” ujar Gubernur.

Gubernur meminta kepada masyarakat agar tetap terus semangat meskipun saat ini harga lada sedang lesu. “Jangan kita menganggap harga lada sebagai barometer, yang harus kita lakukan adalah meningkatkan jumlah hasil ladanya, dan memperbaiki kualitas lada agar tidak kena sakit kuning,” kata Gubernur.

Untuk itu Erzaldi mengharapkan peran serta dari para petani lada agar dapat mendukung kebijakan pemerintah untuk menjadikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi provinsi lada di Indonesia.

Sampai sekarang pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan harga lada dengan menyusun beberapa langkah dan stretagi seperti membuat resi gudang, dan juga mendatangkan langsung pembeli ke Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
khalimo